FAQ

Frequently Asked Questions atau pertanyaan yang sering diajukan

Akun Bantulpedia

Seluruh fitur dan layanan Bantulpedia dapat Anda gunakan tanpa biaya. Namun demikian, terdapat beberapa fitur dan layanan yang mengharuskan Anda untuk mendaftar akun Bantulpedia terlebih dahulu sebelum Anda dapat menggunakannya.

Pendaftaran akun Bantulpedia Anda dimaksudkan untuk memberikan Anda pengalaman yang lebih baik ketika menggunakan fitur dan layanan Bantulpedia.



Sebelum menggunakan Aplikasi, Anda harus menyetujui Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi, serta mendaftarkan diri Anda dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mendaftarkan diri:

Pilih Kata Sandi Yang Kuat.
Kami akan membantu Anda membuat kata sandi yang kuat saat mendaftarkan diri, sehingga Anda dapat melindungi informasi sensitif seperti informasi pribadi Anda.

Mengapa Memilih Kata Sandi Yang Kuat?
Jika peretas membobol akun Bantulpedia Anda, mereka akan dengan mudah dapat mengakses informasi pribadi Anda ketika anda tidak memilih kata sandi yang kuat.

Apa Kriteria Kata Sandi Yang Kuat?
Bantulpedia memastikan bahwa kata sandi Anda memenuhi kriteria berikut:

  • Email harus berupa alamat email yang sah.
  • Memilih kata sandi yang aman (Bantulpedia akan menolak apabila kata sandi yang anda pilih pernah ditemukan dalam database kebocoran data pribadi).
  • Kata sandi setidaknya memenuhi kriteria minimal terdiri dari 8 karakter kombinasi antara angka serta huruf (kapital dan kecil).

Tips Memilih Kata Sandi Yang Kuat.
Bantulpedia membantu Anda memilih kata sandi yang kuat:

  • Pilih kata sandi yang sulit ditebak orang lain tetapi mudah Anda ingat.
  • Kata sandi tidak menggunakan informasi pribadi Anda (nama, tanggal lahir, dan/atau alamat Anda).
  • Kata sandi merupakan kombinasi huruf (kapital dan kecil), angka dan simbol.
  • Kata sandi tidak menggunakan kata sandi yang telah umum digunakan.

Dapatkan informasi selengkapnya pada Ketentuan Pengguna.



Ketika Anda gagal mendaftarkan diri karena ditolak oleh sistem, hal ini terjadi karena:

  • Anda tidak menggunakan alamat email yang valid;
  • Anda tidak memilih kata sandi yang kuat (Sistem Kami akan menolak pendaftaran anda ketika sistem Kami menemukan bahwa kata sandi yang Anda pilih pernah ditemukan dalam database kebocoran data pribadi); atau
  • Kata sandi yang Anda pilih tidak memenuhi kriteria minimal terdiri dari 8 karakter kombinasi angka, huruf kapital, dan huruf kecil.


Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Keamanan dan kerahasiaan Akun Anda tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data dan/atau Informasi Pribadi anda dari akses, pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan/atau dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa.

Dapatkan informasi selengkapnya pada Ketentuan Pengguna.



Kerahasiaan Informasi Pribadi Anda adalah hal yang terpenting bagi kami. Kami akan memberlakukan upaya terbaik untuk melindungi dan mengamankan data dan/atau Informasi Pribadi Anda dari akses, pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan oleh orang-orang yang tidak berwenang dan/atau dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang tidak disengaja, pemusnahan dan kerusakan atau risiko serupa.

Namun demikian, pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walau Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Informasi Pribadi Anda, Anda mengakui bahwa Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Informasi Pribadi apa pun yang Anda kirimkan melalui Internet dan/atau menjamin bahwa Informasi Pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah dan/atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor diluar kendali kami.

Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun Anda, termasuk kata sandi Anda dengan siapapun dan/atau harus selalu menjaga dan/atau bertanggung jawab atas keamanan perangkat yang Anda gunakan.

Dapatkan informasi selengkapnya pada Kebijakan Privasi.



Keamanan dan/atau kerahasiaan Akun Anda sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Anda menjaga keamanan dan/atau kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Anda sendiri. Dalam hal demikian, Kami akan menganggap setiap penggunaan yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.

Segera beritahukan kepada Kami jika Anda mengetahui dan/atau menduga bahwa Akun Anda telah digunakan tanpa sepengetahuan dan/atau persetujuan Anda. Kami akan melakukan tindakan yang Kami anggap perlu dan/atau dapat Kami lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.

Dapatkan informasi selengkapnya pada Ketentuan Pengguna.



Saat anda menggunakan Layanan Kami dan mengaktifkan fitur sidik jari (fingerprint) dan/atau pengenalan wajah (facial recognition) di perangkat seluler anda untuk keperluan autentikasi, harap dicatat bahwa Kami tidak menyimpan data biometrik tersebut. Kecuali diberitahukan lain kepada anda, data tersebut tersimpan di perangkat seluler anda dan/atau dapat disimpan oleh pihak ketiga, seperti pembuat perangkat anda.

Dapatkan informasi selengkapnya pada Kebijakan Privasi.



Apabila Anda mengalami gangguan sistem, mengetahui dan/atau menduga bahwa Akun Anda diretas, digunakan dan/atau disalahgunakan oleh pihak lain, dan/atau apabila perangkat telepon genggam dan/atau tablet pribadi Anda hilang, dicuri, diretas dan/atau terkena virus, segera laporkan kepada Kami sehingga Kami dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penggunaan, penyalahgunaan, dan/atau kerugian yang timbul atau mungkin timbul lebih lanjut.

Dapatkan informasi selengkapnya pada Ketentuan Pengguna.



Akun Anda dapat dibekukan untuk sementara waktu dan/atau dapat dibekukan secara permanen karena hal-hal termasuk, tetapi tidak terbatas pada setiap dan/atau seluruh:

  1. Laporan Anda, bahwa Akun Anda digunakan dan/atau diduga digunakan dan/atau disalahgunakan oleh orang lain.
  2. Laporan Anda, bahwa perangkat seluler dan/atau tablet pribadi Anda hilang, dicuri dan/atau diretas.
  3. Kami mengetahui dan/atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Akun Anda telah dialihkan dan/atau digunakan oleh orang lain.
  4. Kami mengetahui dan/atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa telah terjadi hal-hal yang menurut pandangan Kami telah dan/atau dapat merugikan Kami, Anda, dan/atau pihak lainnya.
  5. Kami mengetahui dan/atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa anda telah mendaftar dan/atau masuk dalam banyak Akun dalam satu perangkat untuk tujuan melanggar Ketentuan Penggunaan, Kebijakan Privasi, kebijakan Pemerintah, peraturan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  6. Sistem Kami mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari penggunaan Akun Anda dan/atau adanya kewajiban berdasarkan Ketentuan Penggunaan, Kebijakan Privasi, kebijakan Pemerintah, peraturan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku yang tidak dipenuhi oleh Anda.
  7. Anda telah meninggal dunia, ditempatkan dibawah perwalian atau pengampuan dan/atau mengalami ketidakmampuan lainnya yang menjadikan Anda tidak cakap hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan oleh Anda dan/atau pihak lain (yang menggunakan Akun Anda) dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan, Kebijakan Privasi, kebijakan Pemerintah, peraturan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan/atau
  9. Perintah untuk pembekuan akun, baik sementara dan/atau permanen, yang diterbitkan oleh institusi Pemerintah dan/atau berdasarkan perintah pengadilan berdasarkan kebijakan Pemerintah, peraturan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jika Akun Anda dibekukan dan Anda memiliki bukti yang jelas bahwa Akun Anda seharusnya tidak dibekukan, Anda dapat membuat Laporan kepada Kami untuk menyampaikan bukti-bukti tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Laporan Anda, Kami akan, atas kebijakan Kami sepenuhnya, menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pembekuan terhadap Akun Anda. Pembekuan tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pembekuan telah diselesaikan.

Dapatkan informasi selengkapnya pada Ketentuan Pengguna.