Batik Giriloyo


Batik klasik yang diproduksi di sentra kerajinan batik tulis Giriloyo ini erat kaitannya dengan motif-motif warisan nenek moyang atau motif-motif yang sarat dengan filosofi, seperti wahyu temurun, sido mukti, sido asih, sekar jagad, parang kusumo, parang klitik, parang rusak dan parang-parang yang lain, babon angrem, sido luhur, wirasat, gigot, tinar buko. Meski motif yang diproduksi adalah motif klasik yang lazimnya berwarna sogan (biru-coklat) ataupun kelengan (biru), di sentra ini kini batik-batik kalsik tersebut diproses warna alami yang tak kalah menariknya dengan batik-batik warna sogan. Justru dengan warna alami tersebut produk-produk yang ada mempunyai daya tarik sendiri dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
Bahan-bahan yang digunakan untuk pewarna alami ini banyak dan mudah di dapat di lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan. Untuk pewarna alami ini nyaris tidak meninggalkan limbah, dan ramah lingkunagn serta aman bagi kesehatan.

Komentar :
  • K*** B***
    29 Desember 2017

    Batik tulis dengan berbagai motif klasik/tradisional baik warna alam maupun warna sintetis ada di sini. Bagi yang ingin belajar/kursus batik tulis maupun pewarnaan alam juga dapat dilayani. Info detail bisa WA. 081328628227 atau E-mail: batik_sk@yahoo.co.id

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.