Candran


Desa Candran adalah sebuah Desa wisata yang terletak di Kebonagung, Imogiri, Bantul. Desa ini menawarkan keindahan alam dan suasana yang menenangkan pada para wisatawan yang datang.
Desa wisata Candran juga ikut melestarikan kegiatan ritual Jawa antara lain: kenduri, nyadran, wiwitan dan kegiatan ritual Jawa lain. Jika wisatawan datang ke Desa wisata ini, maka wisatawan akan bisa melihat bagaimana keadaan dan keeksotisan ritual Jawa tersebut.
Selain ritual Jawa, Desa wisata Candran juga menyajikan kesenian tradisional untuk para wisatawan yang datang mulai dari Gejog Lesung dan juga kesenian yang lainnya. Selain ritual jawa yang eksotis, kesenian yang indah, dan suasana pedesaan yang sejuk, Desa wisata Candran juga menawarkan kuliner khas antara lain: Cemplon dan tumpeng Robyong yang lengkap dengan ingkung Ayamnya. Lalu ada juga permainan tradisional yang bisa para wisatawan coba antara lain Enggrang dan Bakiak.
Salah satu yang menjadi daya tarik Desa wisata Candran adalah adanya Festival Memedi Sawah, Festival tahunan ini menawarkan keindahan dan keunikan Memedi Sawah. Kegiatan lain yang bisa dilakukan wisatawan adalah membatik, melukis caping, beraktifitas di sawah, bersepeda keliling desa, membuat emping dan makanan tradisional, belajat tari, dll. Keramahannya akan makin terasa jika andai menginap di homestay milik warga. Destinasi yang tidak jauh dari desa wisata ini adalah Makam- Raja-raja Mataram di Imogiri, Kawasan Mangunan, Goa Cerme, Goa Jepang, dan Kawaan Parangtritis. Di desa wisata ini juga terdapat Museum Tani Jawa yang berisi aneka macam peralatan pertanian masa lampau. 

Alamat: Ds. Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Untuk informasi, silahkan mengubungi:
Rahayu 082324582244
Ponijo: 085643752225
Email: museumtanijawaindonesia@gmail.com
Website: kebonagungimogiri.blogspot.com

Komentar :

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.