Wukirsari


Terletak sekitar 20 Km tenggara Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, berada di wilayah Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri. Kekhasan desa wisata ini adalah tradisi membatik yang turun-temurun.Konon asal mula batik tulis di wilayah Bantul berasal dari sini.Wisatawan dengan mudah menjumpai masyarakat yang melakukan kegiatan membatik di rumah-rumah maupun secara berkelompok di tempat tertentu.

Kerajinan lain yang juga menjadi tradisi turun temurun adalah kerajinan kulit atau tatah sungging yang terletak di Dusun Pucung dengan produknya berupa wayang dan cinderamata dari kulit sapi.

Kerajinan bambu juga terdapat disini, tepatnya di Dusun Karang Talun, Jatirejo, Dengkeng, dan Nogosari II.Keseluruhan pengrajin bambu tergabung dalam Koperasi Bambu Awung Mustika. Produk yang dihasilkan beragam mulai kebutuhan rumah tangga hingga cinderamata. Showroom koperasi ini terletak di Dusun Karang Talun.

Selain itu, masih terdapat kerajinan rotan dan sutera di Desa Wisata Wukirsari.

Wukirsari juga dikenal sebagai pusat pengobatan tradisional gurah. Metode ini telah lama dipercaya masyarakat untuk mengatasi permasalahan dan membersihkan kotoran di sekitar hidung dan tenggorokan.Pusat pengobatan gurah ini berada di Dusun Giriloyo, Karang Kulon, dan Cengkehan.Gurah sendiri kini telah memiliki berbagai bentuk mulai yang tradisional berupa tetes maupun berbentuk teh.

Bagi wisatawan yang suka berziarah, Wukirsari adalah tempat yang pas. Disini terdapat beberapa tempat peziarahan yang sering didatangi untuk maksud-maksud tertentu, yaitu :

a.         Makam Raja-raja Mataram

b.         Makam Sunan Cirebon

c.         Makam Seniman Girisapto

Juga terdapat situs Watu Lumbung yang terletak di Dusun Cengkehan, tepatnya di sebelah timur Makam Sunan Cirebon. Terdapat air terjun “Sewu Watu” dan sungai yang terletak di atas bukit. Bebatuan besar dilengkapi dengan aliran air di lereng yang terjal menjadi sebuah keindahan alam yang mempesona.

Bagi wisatawan yang tertarik akan panorama alam pedesaan, Desa Wisata Wukirsari merupakan pilihan yang tepat. Desa ini masih alami dengan bentangan sawah dan hutan yang masih cukup rimbun.Jika ingin mendalami suasana pedesaan maka sangat disarankan untuk menginap di homestay yang telah tersedia. Di malam hari wisatawan bisa menjumpai beberapa kesenian tradisional  masyarakat seperti gejog lesung, wayang kulit, cokekan, dll.

 

Untuk informasi silakan menghubungi :

·         Nur Ahmadi di 082242775095      

·         Jazir di 081328628227

·         Laman           : www.wukirsari.com

·         FB                 : desa wisata wukirsari

·         Twitter                   : @wukirsari


Beberapa destinasi wisata di desa Wukirsari yang bisa dinikmati di satu waktu, antara lain:
  • Makam raja-raja Mataram di dusun Kedungbuweng,
  • Makam Sunan Cirebon di dusun Cengkehan
  • Makam Seniman Saptohudoyo di dusun Tilamat
  • Pusat pengobatan Gurah di dusun Giriloyo, Karang Kulon dan Cengkehan
  • Seni batik tulis di Dusun Giriloyo, Karang Kulon, Cengkehan, dan Kedung Buweng

Komentar :
  • K*** B***
    10 Januari 2018

    gak bisa updat

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.