MUSEUM WAYANG BEBER SEKARTAJI


Museum wayang beber didirikan pada tahun 2017. Terletak di Gg. Pancasila RT 08 Kanutan, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro. Museum ini ini adalah museum pertama di Indonesia maupun dunia yang menyajikan koleksi lukisan wayang beber. Wayang beber adalah adalah wayang yang cerita dan  tokohnya dilukiskan dalam sebuah lembaran kain kanvas. Beberapa karya wayang  beber ada di museum ini antara lain cerita Ande-ande Lumut, Keong Mas, Jaka Tarup, dll. Museum Sekartaji buka Senin – Minggu : 08.00 – 16.00

Museum ini dinamai SEKARTAJI yang merupakan singkatan Bahasa Jawa “ Semedi Cakra Jawata Aji “. Ini melambangkan angka 1951 Tahun Jawa atau 2017 tahun Masehi. Adapun maknanya adalah meditasi menuju pusat energi dewa-dewa agung. Nama sekartaji juga dikenal di masyarakat karena di dalam  salah satu cerita wayang beber, Dewi Sekartaji merupaklan tokoh utama.

Indra Suroinggeno, pemrakarsa sekaligus pemilik Museum Sekartaji menyatakan bahwa misi mendirikan museum ini adalah untuk menghidupkan  budaya leluhur dan mengenalkan wayang beber pada anak-anak dan masyarakat.  Teknik pembuatan wayang beber ini menggunakan teknik lukis dan memakai bahan alami sebagai pewarnanya, antara lainh : daun suji (hijau), kunyit (kuning), arang (hitam), kulit mahoni (coklat), dan daun indigo (biru).

 

Untuk informasi silakan menghubungi :

·         Indra Suroinggeno di 085643222222

·         Pos El                  : museumsekartaji@gmail.com

·         Laman       : www.wayangbeber.org

·         IG               :@museumwayangbebersekartaji

·         FB              : museum sekartaji 

Komentar :

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.