Museum Wayang Kekayon


Didirikan oleh Prof. Dr. dr. KPH Soejono Prawirohadikusumo, SpS SpKJ ( 1928-2005 ), seorang guru besar Fakultas Kedokteran UGM. Komplek Museum Wayang ini  terletak di Jl. Yogya-Wonosari  No 277, Baturetno, Banguntapan, Bantul 55197, mulai dibangun bata demi bata sejak tahun 1980 secara swadaya hingga selesai tahun 1987 sesuai Surya Sengkala di depan Pendopo “ Kekayon Siyaga Angesti Wiyata”. Museum diresmikan tangal 5 Januari 1991 oleh KGPAA Pakualam VIII.

Koleksi wayang dimulai sejak Prof. Soejono menempuh masa pendidikan pasca sarjana di Belanda, dimana beliau ditantang seorang opas museum di Belanda bahwa suatu “zonde” atau dosa bila di pusat budaya Yogyakarta tidak ada museum tentang wayang. Wayang yang pertamakali dibeli dari hasil praktek dokter adalah Kyai Panuntun. Hingga saat ini koleksinya mencapai lebih dari 6000 buah, lebih dari 40 jenis, dan lebih dari 40 kotak wayang serta budaya pendukungnya, termasuk topeng, busana wayang, patung, gamelan, keris, dan aneka senjata tradisional lainnya. Koleksi tertua berupa Wayang Golek Thengul berusia 250 tahun yang berasal dari Jepara.Koleksi terbanyak berupa wayang kulit berjumlah 2593 buah.Koleksi unggulan berupa Wayang Purwa tokoh Kurawa yang terbuat dari kulit kerbau.

Koleksi Museum Wayang Kekayon Yogyakarta termasuk terlengkap di Indonesia yang  terdiri dari wayang kulit ( purwa-madyo-gedhog baik gaya Jogja maupun Solo ), Wayang Klithik, Wayang Krucil, Wayang Golek Jawa-Sunda, Wayang Beber, Wayang Wong, Wayang Dupara, Wayang Madura, Wayang Bali, Wayang Lombok, serta dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri termasuk wayang kontemporer karya seniman-seniman terkenal. Koleksi Masterpiece Museum Wayang Kekayon diantaranya adalah 100 Wayang Kurawa lengkap dan Wayang Korelasi Zodiak.

Museum Wayang Kekayon berdiri di areal seluas sekitar 1,1 Ha dengan fasilitas pendopo, parkir luas, taman, MCK, wisma yang bisa disewa untuk umum untuk berbagai kegiatan.

Museum Wayang Kekayon buka Hari Senin – Sabtu dari jam 08.30 – 14.30 WIB.

 

Untuk informasi silakan menghubungi

·      Donny Megananda di  0817461551

·      085104672900

·      FB      : Museum Wayang Kekayon, Pentas Tradisi Yogyakarta

·      Pos El : donnymegananda@yahoo.com,

·      Twitter : @museumkekayon

Komentar :

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.