Museum Sejarah Purbakala Pleret


Museum Sejarah Purbakala Pleret mulai dibuka untuk umum 10 Maret 2014. Museum ini berada di Kawasan Cagar Budaya Pleret tepatnya di Jl. Raya Pleret Dusun Kedaton, Kalurahan Plered, Kapanewon Plered. Museum ini berisi koleksi peninggalan Mataram / benda-benda purbakala yang ditemukan di Bantul.

Beberapa benda yang terdapat di museum ini adalah Arca Jambhala dan Ganesha. Arca Jambhala ditemukan oleh tim peneliti dari Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY saat ekskavasi di Situs Gampingan tahun 1997. Arca ini ditemukan dalam kondisi utuh dan memiliki atribut yang cukup lengkap dimana tangan kiri membawa nakula (kantung mutiara). Dalam agama Hindu, Jambhala sering disebut sebagai Kuvera. Dalam kepercayaan Budha, Jambhala merupakan dewa kekayaan/kemakmuran.

Arca Ganesha merupakan perwujudan dari kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan dalam Agama Hindu. Ganesha digambarkan berkepala gajah dan berbadan manusia. Arca ini memiliki atribut yang lengkap diantaranya digambarkan miliki 4 tangan, ekadanta (bergading 1) dan memegang akhsamala (semacam tasbih)

Di museum ini juga terdapat Sumur Gumuling, sebuah sumur peninggalan Keraton Plered. Berdasarkan cerita, sumur ini terhubung secara spiritual dengan patai selatan dan airnya digunakan untuk jamasan pusaka keraton.

Di seputar museum terdapat beberapa situs/peninggalan berupa umpak Keraton Kerto, Situs Masjid Agung Kauman Pleret, dll.

    Museum ini buka Sabtu-Kamis : 08.00-16.00, Jumat : 08.30-14.30. Beralamat di Jl. Jejeran
    Pleret, Kedaton Pleret
    Untuk informasi silakan menghubungi

·         Avi di 081392555267

·         laman : http://pleret.museumjogja.org/id




Komentar :

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.