GUA SELARONG


Pada zaman dahulu, Gua Selarong digunakan sebagai markas oleh Pangeran Diponegoro bersama pasukannya saat melaksanakan aksi gerilya melawan penjajah Belanda antara tahun 1825-1830. Gua Selarong terdapat dua gua utama yaitu Gua Kakung dan Gua Putri.

Gua Kakung merupakan tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro terletak disebelah barat, sedangkan Gua Putri merupakan tempat peristirahatan Raden Ayu Ratnaningsih, istri dari Pangeran Diponegoro. Kedua goa ini memiliki kedalaman kurang lebih 1.5 meter dengan lebar 2 meter untuk Gua Kakung sedangkan Gua Putri memiliki lebar 3 meter.

Di sekitar area Gua Selarong ini juga terdapat sebuah air terjun yang memiliki panorama yang mempesona. Untuk bisa menikmati pemandangan air terjun ini secara maksimal, pengunjung disarankan datang ketika berada pada musim penghujan karena pada saat musim kemarau kandungan air menipis dan hal tersebut menyebabkan air terjun kurang mengalir deras.

Agenda rutin atraksi wisata di Gua Selarong adalah Gerebeg Selarong yang diselenggarakan oleh Yayasan Projotamanasari yang biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus.

Buka : Setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB
Alamat : Dukuh Kembang Putih, Guwosari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751


Komentar :

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.