Setren Opak


Lokasi ini berada di karangploso, Sitimulyo, Piyungan. Setren adalah daratan di bantaran sungai yang masih bisa dipakai untuk berladang. Tempat ini menawarkan wisata edukasi dimana pengunjung bisa menikmati panorama alam sungai yang menawan. Berada di area hutan bambu, pengelola Setren Opak sepertinya sadar betul akan kelestarian lingkungan. Selama pengembangan wisata ini, pihak pengelola yang merupakan warga Karangploso memutuskan tidak menggunakan atau menebang pohon-pohon bambu tersebut.

Memang ada beberapa properti menggunakan material bambu, namun  pengelola lebih memilih membeli bambu dari luar dibanding harus menebang bambu di area ini. Hal ini tentu saja merupakan bentuk pelestarian lingkungan, sekaligus berguna sebagai antisipasi banjir.    

Pengunjung bisa menyewa perahu untuk mengitari kawasan Sungai Opak dengan harga yang terjangkau. Juga disediakan tempat untuk ber swa foto. Ada beberapa warung yang menyediakan aneka jenis  kuliner. Khusus setiap Minggu Legi, ada Pasar Kesot yang menyediakan kuliner tradisional seperti pecel lele, sego wader, sego abang, sego wiwit, dawet, wedang uwuh, secang, dll. Pasar Kesot buka dari jam 06.00 – 10.00. Untuk berbelanja di pasar ini, pengunjung harus menggunakan uang dari bamboo yang disediakan oleh pengelola dengan menukarkan di tempat yang disediakan dengan besaran 2k, 5k, 10k, dan 20k.

Pengelola juga menawarkan paket outbound dan edukasi mengenai alat transportasi air.

 

Untuk informasi silakan menghubungi

·         Yusuf di 089 616 100 636,

·         Dian di 0858 7790 7970,

·         Moeklas di 0821 3797 5156.

Komentar :

Belum ada komentar

Tinggalkan komentar :

Silahkan login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.