Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus yang masuk Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk Kecamatan Dlingo. Perjalanan menuju Puncak Becici bisa melewati pertigaan Pathuk Jl.Jogja-Wonosari ke arah selatan sekitar 8 Km atau melewati Desa Mangunan ke kiri sekitar 5 Km ke arah Pathuk Gunungkidul. Melewati gapura selamat datang di Puncak Becici, terdapat beberapa gubug milik warga setempat yang menjajakan makan dan minuman pelepas lapar dahaga. Menurut pengurus pokdarwis setempat, hutan Sudimoro I atau Becici Asri ini masih merupaka bagian dari hutan lindung di bawah pengelolan RPH Mangunan. Becici Asri awalnya hanya merupakan kawasan produksi penghasil getah pinus. Namun karena eksotisme panorama bentang alam dari bukit sebelah barat, tempat ini menjadi destinasi wisata.

Menurut cerita nama Becici berasal dari kata ambeg yang berarti berdiam diri dan suci, dimana di puncak bukitnya ditemukan petilasan menyerupai makam. Dipercaya petilasan ini merupakan persemayaman putra Pendiri Desa Munthuk yang bertapa di tempat itu.

Gesekan daun pinus menjadi musik alami menemani perjalanan dari tempat parkir menuju puncak. Perjalan yang sedikit mendaki bisa ditempuh dalam 20 menit. Terdapat area yang cukup datar yang bisa dipakai untuk outbond atau camping. Di kiri kanan jalan menuju puncak terdapat bangku dari batang pinus, ayunan, dan beberapa gazebo untuk menikmati segarnya udara.

Puncak Bencici merupakan tempat ideal untuk menikmati terbenamnya sang surya. Ada yang menikmati di pinggir pagar pengaman, di gazebo, di tempat duduk yang tersedia, atau di atas gardu pandang yang menempel di pohon-pohon pinus. Untuk mencapai puncaknya anda harus berjalan kaki dari tempat parkir sekitar 300 m. Di sekitar puncak, terdapat pasarean/petilasan Raden Tumenggung Sujono Dipuro yang diyakini adalah tokoh masyarakat yang membuka Puncak Becici. Dari Puncak Becici anda bisa menikmati indahnya bentang alam Yogyakarta. Bila cuaca cerah akan terlihat Candi Prambanan bersisihan dengan Gunung Merapi. Dan bila beruntung, anda bisa menikmati tenggelamnya sang surya ke haribaan.

Sebuah sensasi yang susah dikatakan melepas sang surya di ufuk barat sambil diterpa semilirnya angin di Puncak Becici.