Seminar Pembangunan Karakter Aparatur Pemda

  • 06 Februari 2008     235
Dalam rangka implementasi Rencana Tindak Peningkatan Kapasitas melalui Proyek Sustainable Capacity Building for Decentralization Project (ADB Loan No. 1964-INO), Pemerintah Kabupaten Bantul menyelenggarakan Seminar Pembangunan Karakter (Character Building) Aparatur Pemda pada tanggal 5 Februari 2008. Seminar ini bertujuan untuk mengembalikan dan memperkuat karakter dan jati diri bangsa Indonesia pada setiap individu aparatur Pemda sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara yang berkualitas dan terwujudnya kepemerintahan yang baik dan bersih.

Ruang lingkup Pembangunan Karakter Aparatur Pemda meliputi penumbuhan dan pengembangan budi pekerti dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; penerapan dan penegakan etika kepemerintahan; dan pembinaan kesadaran bela negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Seminar ini diikuti oleh 105 peserta dari pejabat eselon II, III dan IV, serta pejabat Muspida Kab. Bantul, seluruh Walikota/Bupati atau yang mewakilinya, Asisten I dan Kepala Bappeda di jajaran Pemprov DIY, organisasi massa, dan undangan lainnya. Seminar dibuka oleh Bupati Bantul Drs. H.M Idham Samawi dan pengarahan (keynote speech) oleh Sri Sultan Hamengku Bowono X yang dibacakan oleh Paku Alam IX. Bertindak sebagai pembicara/narasumber adalah Prof. Dr. Ir Budi Susilo Soepandji (Dirjen. Potensi Pertahanan Dephan): Membangun Karakter Bangsa Mendukung Sistem Pertahanan Negara, Dr. Sodjuangon Situmorang (Dirjen. Otonomi Daerah, Depdagri): Peranan Program Peningkatan Kapasitas Berkelanjutan untuk Desentralisasi dalam Pembangunan Karakter Bangsa, Sigid Santosa (Kasubdit Lingkup I, Ditjen Otda, Depdagri): Penerapan Etika Pemerintah dalam Pembangunan Karakter Bangsa, dan Prof. Dr. Endang Ekowarni (Pengajar Fak. Psikologi UGM): Pengembangan Nilai-nilai Luhur Budi Pekerti sebagai Karakter Bangsa. Naskah selengkapnya bisa diperoleh dari Benny Hartanto, Team Leader Konsultan SCBDP melalui email: benharta@yahoo.com (mwr)