RAKERCAB KWARTIR CABANG BANTUL 2008. Gendut : "Pramuka sebagai benteng norma budaya bangsa"

  • 04 Februari 2008     258
Untuk mengevaluasi Program Kerja Kwartir Cabang Bantul masa bakti 2005 – 2010 yang merupakan rencana bergulir (rolling plan) dengan model tiap tahun dapat ditinjau untuk disesuaikan perkembangan, maka Kwartir Cabang Gerakan Pamuka Bantul adakan rapat kerja cabang (Rakercab) yang dibuka Bupati Bantul, Sabtu (2/2) di Gubuk Pramuka Bantul.

Sekda Bantul Drs. H. Gendut Sudarta, Kd. BSc.MMA. dalam sambutan mewakili Bupati mengatakan perkembangan masyarakat akhir-akhir ini makin menjurus pada hal-hal yang jauh dari budaya bangsa dan cenderung mengarah pada sikap hedonisme yakni radikal, anarkis, dan pengrusakan. Pramuka sebagai salah satu elemen bangsa yang telah mengukir sejarah mencetak kader terbaik harus mampu mengambil peran membetengi generasi muda untuk tetap berjalan pada koridor masyarakat yang berbudaya. "Kalau anggota Pramuka berkelakuan sama dengan yang lain maka keberadaan kwarcab dan kwaran tidak ada artinya" jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan gerakan-gerakan kelompok masyarakat yang kadang-kadang sulit diidentifikasi namun mampu menggerakkan masyarakat luas sepertinya kita kembali ke masa lalu dimana paham komunis sangat berperan. Untuk itu harus kita waspadai jangan sampai norma-norma yang telah tertata baik dimasyarakat dikacaukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Kwartir Daerah XII Gerakan Pramuka DI. Yogyakarta, Muspida Bantul, Ka. Dinas/instansi, Andalan Cabang dan utusan ranting.

Sementara itu Ketua Panitia Drs. H.R. Budini Sumarwoto dalam laporannya mengatakan Kwartir Cabang merupakan jajaran yang berfungsi sebagai pengendali operasional kegiatan Gerakan Pramuka dan administrasi pangkal yang bertugas membina sampai ke tingkat Gugus depan dan Satuan Karya Pramuka di wilayah Kabupaten Bantul. Program kerja Kawrtir Cabang Pramuka Bantul berupa rencana bergulir (rolling plan) maka setiap tahun dapat ditinjau ulang untuk disesuaikan dengan perkembangan. Untuk tahun ini rapat berlangsung tanggal 2 Pebruari 2008 selama sehari bertempat di Gubuk Pramuka. Tujuan dari rakercab sendiri untuk mengevaluasi Program Kerja Kwartir Cabang Bantul tahun 2007 dan menyusun rencana Kerja Kwartir Cabang Bantul tahun 2008. Rapat kerja diikuti 82 peserta yang terdiri dari 36 orang dari andalan cabang Kwartir Cabang Bantul, 5 orang BPK Gerakan Pramuka Bantul dan 51 utusan kwartir ranting se Kab. Bantul yang meliputi 17 kecamatan. (mwr)