PUSAT KESEHATAN TERPADU DIRESMIKAN. Sultan : "Rehabilitasi mengupayakan manusia produktif"

  • 04 Februari 2008     269
Pembangunan Pusat Kesehatan Terpadu akan memberikan fasilitas yang memungkinkan masyarakat memperoleh hak dasar pelayanan kesehatan sesuai program WHO. Selain pelayanan secara medis untuk fisik para difabel, pelayanan sosial psikologi diperlukan agar mereka sembuh dari trauma kecacatannya.

"Maksud dari rehabilitasi adalah penerapan gabungan dan terkoordinir tindakan medis, sosial-psikologis, pendidikan dan memberikan ketrampilan agar mereka bisa produktif." Ujar Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Fasilitasi dan Investasi Setda DIY, Suhartati Soetopo dalam acara peresmian Pusat Kesehatan Terpadu "Graha Purba Buwana" di Patalan Kecamatan Jetis, Jum’at (1/1)

Imam Prasojo dari Yayasan Nurani Dunia menyatakan dana yang dialokasikan untuk pembangunan Pusat Kesehatan Terpadu yang berlokasi di tanah kas desa sebesar Rp. 415,5 juta. Pusat Kesehatan tersebut dilengkapi berbagai fasilitas seperti pusat fisio terapi, gedung olah raga, fitnes center dan sebagainya. "Kedepan akan dibangun promotion center untuk memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat." Ujarnya

Pusat kesehatan itu juga memperoleh bantuan peralatan ronght sen dan USG yang nantinya dikelola Akademi Fisioterapi di Pusat Kesehatan Terpadu itu.

Bupati Bantul Idham Samawi mengatakan masyarakat sangat berterima kasih kepada berbagai pihak yang membantu secara nyata bukan malah memperkeruh persoalan dengan hal-hal yang sepele. Padahal pada kenyataannya mereka tidak pernah mengetahui bagaimana kesulitan warga membangun kembali rumah mereka pasca gempa dengan dana terbatas. "Ada sejumlah pihak yang hanya menggembar-gemborkan provokasi. Daripada sepeti itu lebih baik memberikan sumbangan secara nyata" kata Idham. (mwr)