Masjid Darussalam, Ruang Ibadah dan Muamalah

  • 14 Januari 2022     92

Bupati Bantu, H. Abdul Halim Muslih, melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Darussalam, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul, pada Jumat (14/01).
Masjid ini dibangun oleh Yayasan Zam-Zam Wan Nakhlah dengan anggaran pembangunan diperkirakan mencapai 3, 8 miliar. Untuk pembangunan masjid tersebut, Bupati Bantul memberikan bantuan 100 sak semen. 
Dalam sambutannya, Bupati Bantul, menyampaikan,  untuk mengembalikan masjid seperti fungsinya seperti pada masa nabi.  Masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, namun juga menjadi tempat untuk pengembangan sumberdaya manusia, ruang dalam hal penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 
Hal tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan Masjid Darussalam yang harapannya dapat menjadi tempat kegiatan keislaman yang bermanfaat bagi umat dan warga di sekitar masjid, sebagaimana disampaikan dalam sambutan penasehat pembangunan masjid, Ustadz Ridwan hamid, Lc., M.P.I., M.A
Dalam kesempatan tersebut Bupati Bantul juga kembali mengingatkan agar masyarakat untuk terus menjaga toleransi antar umat beragama, “Kebinekaan, keberagaman adalah sunnatulloh, Sunnah Tuhan dan tolerasi adalah sunnah rosul”, tandasnya. 
Nilai-nilai toleransi sudah diajarkan sejak zaman Rosululloh Muhammad SAW dan para sahabat.  Islam mengajarkan sebuah harmoni, dengan ajaran yang sedemikian lengkapnya, diharapkan islam menjadi pelopor-pelopor terdepan dalam mewujudkan keharmonisan dalam kehidupan manusia.