Kolam Pagar, Hiasi Wajah Kantor Kapanewon Bantul

  • 07 Januari 2022     196

Guna memotivasi masyarakat dan edukasi kepada masyarakat akan potensi ikan yang ada di Kapanewon Bantul, pagi ini di sela-sela senam sehat Hari Jumat, Panewu Bantul Fauzan Mu'arifin melaunching Kolam Pagar di Halaman Depan Kantor Kapanewon Bantul. Kolam Pagar yang dibangun selama 1,5 bulan tersebut, nantinya akan diisi dengan aneka ikan seperti Ikan Melem, Lele dan Nila. Jumat pagi (7/1).

“Tujuan pembangunan kolam pagar ini yang pertama sebagai ikon Kapanewon Bantul. Yang kedua sebagai edukasi ke warga Bantul tentang potensi ikan yang ada di Kapanewon Bantul,semoga nantinya Kolam Pagar ini menajdi daya tarik tersendiri di Komplek Kapanewon Bantul, " ucap Fauzan sapaan akrab Panewu Bantul.

Fauzan juga menyampaikan bahwa potensi ikan di Kapanewon Bantul sangat besar, baik ikan endemik, ikan konsumsi, dan ikan hias, harapannya juga agar kolam pagar ini memberikan semangat dan motivasi warga untuk bergelut di bidang perikanan.

“ Inspirasi pembuatan kolam pagar ini berproses ya. Awalnya di Sedayu saya pernah membuat kolam ikan 3D. Di Banguntapan, saya bikin kolam ikan, tetapi dibawahnya saya tutup dengan kaca. Kemudian saya ingat, ada pagar sepanjang 6 meter kenapa tidak dibuat kolam ikan saja. Setelah browsing, ternyata sudah ada warga yang membuat kolam pagar,” terang Fauzan.

Fauzan menambahkan, Kolam Pagar ini sebagai simbol pentingnya membudidayakan dan mengkonsumsi ikan bagi masyarakat Kabupaten Bantul, karena gizi yang terkandung dalam ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Ans).


Untuk jenis ikan yang ada di kolam pagar ini antara lain ikan nilem, ikan gurami, dan ikan lele yang kini ukurannya mencapai 90cm. Menurut Fauzan, kedepannya, kolam pagar ini akan disempurnakan dengan berbagai aksesoris seperti batu putih, karang-karangan, dan tanaman air. (N)