Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kabupaten Bantul

  • 03 Desember 2021     272

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menghadiri acara Pengukuhan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Bantul kepada Hj. Sri Surya Widati dan Pelantikan Pengurus YKI Masa Bakti 2021-2026 bertempat di Sasana Krida Bangsal, Rumah Dinas Kabupaten Bantul pada hari Jumat (03/12).

Sesuai dengan visi YKI yaitu “ Masyarakat PEDULI Kanker ”. Adapun arti peduli adalah perhatian, artinya perhatian terhadap masalah kanker tidak hanya bagi pasien dan keluarganya tetapi juga permasalahan kanker secara umum. Dukungan, artinya memberikan dukungan moral, material, maupun spiritual. Serta lindungan yang berarti memberi pengayoman kepada pasien kanker dan seluruh keluarganya agar memiliki rasa optimisme dan perasaan tenang. Keberadaan YKI sangat mendukung capaian program kesehatan Pemerintah Kabupaten Bantul yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Bantul mengucapkan selamat dan turut bersyukur sekaligus bergembira, karena Yayasan Kanker Indonesia terus ada di Kabupaten Bantul. YKI sangat bermakna bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Bantul. Selain itu ucapan terima kasih dan apresiasi juga ia berikan kepada seluruh jajaran pengurus YKI Cabang Kabupaten Bantul untuk masa bakti periode sebelumnya yang telah bekerja keras dalam pengabdiannya.

“ Kami sungguh sangat berharap YKI Cabang Kabupaten Bantul ini bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lain yang peduli terhadap masalah kanker agar masyarakat kita di Kabupaten Bantul dapat memperoleh sosialisasi yang gamblang dan memadai terhadap masalah kanker agar segera dapat dicegah dan ditinggulangi dengan sebaik-baiknya, ” ungkap Bupati Bantul.

Menanggapi hal tersebut GKR Hemas, selaku Ketua YKI Cabang DIY mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh pengurus YKI Cabang Kabupaten Bantul atas pelantikan dan pemberian apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan dalam mengedukasi masyarakat tentang penanganan dan pencegahan kanker di Kabupaten Bantul. Selain itu ia juga menyampaikan bahwa YKI Cabang DIY sebagai koordinator siap membantu apabila YKI Cabang Kabupaten Bantul menemui kesulitan dalam pelaksanaan kegiatan, termasuk apabila pasien memerlukan tempat singgah untuk keluarga kurang mampu.  

“ Saya punya harapan yang besar kepada YKI Cabang Kabupaten Bantul untuk bisa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan PKK Kabupaten Bantul. Karena pada realisasinya sosialisasi kanker ini nyatanya bisa sampai kepada masyarakat tingkat bawah iberkat kerjasama  PKK desa setempat bukan sosialisasi dari YKI, ” ucap GKR Hemas.