Penanaman Pohon di Embung Imogiri 1 Peringati Hari Bakti BU Ke-76

  • 03 Desember 2021     80

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Dwi Purwantoro ST., MT. Melakukan penanaman pohon bersama di Embung Imogiri dalam rangka Hari Bakti PU ke-76. Rabu (01/12)

Dengan mengusung  tema “Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri”. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk upaya untuk mengamankan bangunan sumber daya air khususnya di wilayah embung imogiri ini agar dapat terjaga dengan baik.

Satker OP BBWS Serayu Opak Antyarsa Ikana Dani, ST, M.Eng dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak dan ia juga menyampaikan bahwa Gerakan Nasional Penyelamatan Air itu sebagai bentuk upaya pengamanan bangunan air. Gerakan penanaman pohon ini diharapkan dapat mempertahankan dan melestarikan embung dan fungsi bangunan dapat terjaga dan berfungsi dengan baik.

“Adapun di beberapa lokasi juga sudah kami lakukan penanaman pohon juga diantaranya ada di embung tambak boyo, bendungan sermo, embung imogiri 2, dan disini embung imogiri 1 dan nantinnya penanaman pohon buah-buahan ini dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar,” ungkap Atyarsa.

Selanjutnya sambutan juga disampaikan oleh Dwi Purwantoro ST., MT selaku kepala BBWS Serayu Opak. Ia menyampaikan bahwa selain embung imogiri ini ditahun ini, BBWS kembali membangun satu embung lagi yang berlokasi di dekat makam imogiri, beliau menyampaikan keberadaan embung ini berfungsi untuk konservasi dan sebagai reduksi banjir. Selain Dalam kesempatan ini ditanam pohon buah buahan dengan jumlah 100 buah.

“Di daerah makam Imogiri juga kita bangunkan embung lagi. Dan ini embung ini bentuknya juga berbeda dengan embung-embung yang lain. Embung ini berbentuk gunungan wajang jadi memang khas dari wilayah Yogyakarta. Alhamdulillah juga air nya banyak dan saat hujan juga bisa mereduksi ari sehingga wilayah dibawahnya bisa terlindungi,” ungkap Dwi.

Sementara itu Wakil Bupati ditemui seusai kegiatan menyampaikan terimakasih kepada Kementrian PUPR RI melalui BBWS Serayu Opak atas segala bantuan dan pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Bantul, teriring harapan semoga sinergitas, kerjasama ini semakin terjalin baik dikemudian hari sehingga semakin banyak lagi pembangunan infrastruktur perairan yang dapat bermnfaat bagi masyarakat.

“Terbangunnya beberapa objek embung  di Bantul. Ini sangat-sangat membantu pemerintah kabupaten dan juga masyarakat tidak hanya di bidang konservasi termasuk tata guna air tetapi  juga dalam hal pariwisata. Kami harapkan upaya ini tetap dilanjutkan demi terciptanya bantul yang projotamansari,” ungkap Wabup Bantul.

Acara berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Di akhir acara dilakukan penanaman pohon buah-buahan di sekitar embung dan juga dilanjutkan dengan pengambilan foto bersama.