Mewujudkan Pemerintahan yang Baik Melalui Implementasi E-SPIP

  • 03 Desember 2021     141

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih bersama Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo menghadiri acara Penggalangan Komitmen Kepala Perangkat Daerah Serta Penyelenggaraan Pelatihan Penilaian Mandiri dan Pelatihan Penjaminan Kualitas E-SPIP yang dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen untuk menyelenggarakan Maturitas SPIP Terintegrasi di Gedung Induk Lantai III, Komplek Parasamya, Kamis (2/12/2021).

Bupati Bantul dalam sambutannya menagatakan, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan sistem yang berfungsi sebagai pedoman dalam penyelenggaraan dan tolak ukur efektivitas penyelenggaraan sistem pengendalian intern. Keberadaan Elektronik Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (E-SPIP) juga dapat menjadi sistem pengendalian intern yang mandiri apabila diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah.

“ Dari kegiatan ini saya berharap, sinergitas seluruh kepala perangkat daerah untuk  berkomitmen bersama-sama dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih melalui implementasi E-SPIP, ” kata Bupati.

Keberadaan  E-SPIP memberikan keyakinan yang memadai bahwa penyelenggaraan kegiatan pada suatu instansi pemerintah dapat mencapai tujuannya secara efisien dan efektif, serta dapat melaporkan pengelolaan keuangan negara secara andal, mengamankan aset negara, dan mendorong ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. 

Selanjutnya Bupati menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas peran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan DIY yangtelah memberikan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Bantul.

 Pada tahun 2021, E-SPIP memiliki implikasi perubahan yang terdiri dari perluasan kompetensi yang berupa internal control system, enterprise risk management dan efektifitas pencegahan korupsi. “ Dengan pengembangan E-SPIP maka akan terjadi peningkatan tanggung jawab pada setiap perangkat daerah yang memerlukan penetapan satuan tugas, untuk melakukan penilaian mandiri dan melakukan evaluasi secara regular, ” ucap Bupati.

Selanjutnya Bupati berharap semoga dengan sinergitas seluruh lini birokrasi dapat mewujudkan pemerintahan yang akuntabel dan dengan komitmen bersama seluruh kepala perangkat daerah, target maturitas E-SPIP Pemerintah Kabupaten Bantul dapat tercapai sehingga dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan berwibawa.

Di akhir sambutannya Bupati mengajak seluruh ASN di Kabupaten Bantul untuk berkomitmen dan berupaya nyata menerapkan E-SPIP secara konsisten dan berkesinambungan guna menciptakan pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih.