Olimpiade Pancasila, Bentuk Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila

  • 03 Desember 2021     186

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Pancasila Tingkat  SMA/SMK/ MA di Kabupaten Bantul di Aula Bank Bantul. Kamis (2/12).

Kegiatan Olimpiade Pancasila berupa Lomba Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Kesatuan Bangsa (BKB) Kabupaten Bantul yang pada tahun ini untuk pertama kalinya diadakan di Kabupaten Bantul.  Mengingat akhir-akhir ini Nilai-nilai Pancasila mulai mengalami kelunturan di kalangan berbagai usia maka, kegiatan ini bermaksud untuk memupuk kembali Nilai-nilai Pancasila khususnya di kalangan muda agar nantinya semangat kebangsaan akan terus ada bagi generasi selanjutnya.

Drs.Yuli Hernadi S.Sos., selaku Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bantul dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta dan juga pendamping dari pihak sekolah yang telah berpartisispasi dalam kegiatan sampai dengan babak semi final ini. Ia berharap acara ini dapat menumbuhkan kembali Nilai-nilai Pancasila khususnya bagi generasi muda mengingat saat ini nilai pancasila mulai mengalami kemunduran di kalangan muda.

“ Kami berharap dengan adanya lomba ini adik-adik punya semangat kembali membumikan pancasila. Karena siapa jika bukan kita pelajar-pelajar bangsa Indonesia. Karena saat ini pancasila mulai mengalami sedikit kemunduran tatapi harus kita bangkitkan kembali pancasila. Sehingga hari ini kita mengadakan lomba olimpiade pancasila. Kami berharap juga ini menjadi pembelajaran sekaligus kompetisi bagi adik-adik, ” ungkap Yuli.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari perwakilan  SMA, SMK, dan MA se - Kabupaten Bantul. Adapun jumlah peserta dalam babak semi final ini adalah terdapat 9 regu dari masing masing perwakilan sekolah yang terdiri dari 3 orang. Dalam lomba ini kesembilan  regu tersebut akan dikelompokkan kembali menjadi 3 kelompok untuk nantinya setiap kelompok akan dipilih satu regu untuk melaju ke babak final dan memperebutkan juara satu, dua, dan tiga. Selama berlangsungnya kegiatan ini baik hadirin maupun peserta diwajibkan untuk selalu melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

Selanjutnya acara perlombaan dimulai dengan diawali pembacaan tata tertib dan ketentuan lomba oleh panitia. Ketentuan lomba semi final tersebut adalah kitiga regu akan  bertanding dalam tiga babak diantaranya adalah babak pertama adalah pertanyaan wajib, babak kedua adalah pertanyaan lemparan, dan yang ketiga adalah babak debat.  Adapun untuk babak final akan ditambah dengan babak story telling diakhir lomba guna memberi kesempatan menambah poin. 

Di penghujung  acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba orasi kebangsaan dengan juara ketiga diperoleh Grub B dari SMA Negeri 2 Bantul dengan perolehan poin sebanyak 1.040, juara kedua diperoleh Grub A dari SMA Negeri 2 Banguntapan dengan perolehan poin sebanyak 1.080, dan juara pertama diperoleh Grub C dari Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul dengan perolehan poin sebanyak 1.560.