Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Bantul Gelar Pelatihan “Excellent Service” Bagi Petugas Front Office

  • 02 Desember 2021     130

Petugas pelayanan front office mengikuti Pelatihan Excellent Service yang diadakan oleh Bagian Organisasi Pemkab. Bantul yang bertempat di Mandala Sabha Madya Kompleks Parasamya Kantor Bupati Bantul. Diikuti kurang lebih 100 peserta dengan narasumber Ir. Herawati W., M.M. Rabu (01/12/2021)

Pelatihan Excellent Service ini merupakan kegiatan pelatihan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kapanewon, dan Puskesmas. Bertujuan menjadikan Lembaga – lembaga publik agar selalu mengedepankan dan memberikan pelayanan publik yang sangat berkualitas.

Seiring dengan adanya tuntunan dari masyarakat untuk para Organsasi Perangkat Daerah (OPD), maka OPD harus terus meningkatkan pelayanan sumber daya manusia di bidang pelayanan.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa reformasi birokrasi pada dasarnya adalah upaya untuk melakukan perbaikan kinerja birokrasi dengan meningkatkan kualitas regulasi, meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah serta meningkatkan citra Indonesia di mata internasional.

“ Untuk menaikkan produktivitas dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan. Sasaran Reformasi Birokrasi sesuai dengan peraturan Bupati No. 2 Tahun 2018 yaitu : Birokrasi yang bersih dan akuntabel, Birokrasi Efektif dan Efisien, dan Birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Berkenaan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bantul berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik menuju Kabupaten Bantul yang sehat, cerdas, dan sejahtera, ” ujar Wakil Bupati Bantul. 

Selanjutnya kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan materi oleh Ibu Herawati. Beberapa point materi yang disampaikan Materi pelatihan meliputi: Customer Service, Personality dan Citra Profesional, serta Komunikasi Efektif. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta mampu mengubah standar pelayanan menjadi lebih baik dan mengutamakan customer. Peserta diwajibkan untuk menularkan kepada para pegawai di lingkungannya sehingga ilmu yang dimiliki menjadi lebih bermanfaat baik secara internal maupun eksternal.