Pasar Tradisional di Bantul Harus Tampil Bersih dan Rapi

  • 29 Mei 2009     264
Pasar tradisional di Bantul harus tampil bersih, rapi dan indah, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pedagang maupun bagi para pembeli yang datang. Bahkan diharapkan dengan suasana nyaman tersebut akan dapat menarik pembeli dan pelanggan untuk sering datang dan meningkatkan penjualan para pedagang.

Hal diatas disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Hj Ida Idham Samawi dalam sambutannya saat memimpin Apel Bhakti Sosial Kebersihan Pasar di depan Pasar Bantul, Jumat (29/5). Apel diikuti sekitar 250 peserta terdiri dari anggota PKK Kabupaten Bantul, perwakilan dinas dan intansi, kelompok pedagang pasar, Ikatan Mahasiswa Tehnik Lingkungan Regional DIY-Jateng dan masyarakat sekitar Desa Bantul.

"Kami mengharap kepada semua warga masyarakat Bantul serta para pedagang pasar di Bantul untuk selalu memperhatikan, menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan agar lingkungan kita selalu dalam keadaan bersih, sehat dan nyaman sehingga akan meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kenyamanan para penghuninya. Apalagi semakin hari dampak dari pemanasan global semakin terasa, maka kami harap semua warga dapat melakukan gerakan menanam berbagai tanaman hijauan untuk menjaga keseimbangan alam serta dapat mengelola sampah dilingkungannya sebagai pupuk organik yang bernilai ekonomis dan bermanfaat". terang Hj Ida.

Sementara menurut panitia penyelenggara Drs. Sulistiyanto, M Pd. Kabid Penataan Hukum, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bantul mengatakan bahwa pelaksanaan bhakti sosial kebersihan pasar ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional Tahun 2009 di Kabupaten Bantul. Sedangkan kegiatan ini bertujuan, satu meningkatkan kepedulian pemerintah, suasta dan masyarakat untuk meningkatkan kebersihan lingkungan serta meningkatkan kesadaran dalam memelihara kebersihan lingkungan pasar. Dua, menciptakan kebersihan dan keindahan lingkunga kota.

Usai apel dilanjutkan dengan bersih-bersih pasar oleh para peserta apel, Hj. Ida didampingi oleh Ka. BLH, Camat Bantul, Lurah Pasar Bantul dan beberapa pedagang pasar membersihkan pada sektor buah-buahan dan meninjau pengelolaan sampah pasar Bantul yang berlokasi di belakang Ps Bantul. (Sit)