Kementerian Sosial Salurkan Bantuan kepada Difabel di Kalurahan Bantul

  • 26 November 2021     70

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo pada hari ini (25/11) menghadiri acara Asistensi Rehabilitasi Sosisal (Atensi) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosisal Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Kementerian Sosial melalui Balai Margo Laras di Aula Kalurahan Bantul. Acara ini dihadiri oleh 15 orang difabel yang akan menerima bantuan usaha dari Kementerian Sosial.

Dalam laporan penyelenggara, Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Dinas Sosial Kabupaten Bantul, Tunik Wusri Arliani, S.Sos. M.SE., program bantuan sosial ini diberikan kepada 55 penerima manfaat di 13 Kapanewon yang ada di Kabupaten Bantul. Bantuan  Sosial yang diberikan berupa, bantuan ternak ayam, ternak kambing, peralatan penjahit, peralatan pijat, bantuan warung kelontong, dan kelontong tabung gas.

“ Penerima manfaat sebelumnya telah dilakukan asistensi oleh Dinas Sosial sehingga dapat menentukan dengan pasti apa yang dibutuhkan. Harapanya bantuan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima manfaat,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Seksi Pelayanan Rehabilitasi Sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental Margo Laras, Dra. Erna Susilowati menyampaikan terimakasih pada Dinas Sosial kabupaten Bantul yang telah membantu kementrian sosial untuk menyalurkan bantuan.

“ Saya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bantul, khususnya pada Dinas Sosial yang telah membantu hingga acara pada hari ini dapat dilaksanakan. Selanjutnya saya meminta kepada Dinas Sosial untuk tetap mendampingi dan memonitor para penerima manfaat,” ucapnya.

Erna Susislowati juga menyampaikan pesan kepada penerima manfaat agar dapat mengolah bantuan sehingga dapat bermanfaat kedepannya.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo mengucapkan terimakasih kepada perwakilan Kementerian Sosial yang telah memberikan bantuan serta kepada Dinas Sosial yang telah menyeleksi dan membina calon penerima manfaat sehingga bantuan yang diberikan dapat sesuai dengan keahlian calon penerima manfaat. Ia mengatakan bantuan ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah pusat untuk masyarakat Kabupaten Bantul.

“Jadi di era pandemi ini pemerintah terus berupaya memberikan bantuan diberbagai lini. Dan kali kabupaten Bantul mendapat 55 bantuan dari Kementerian Sosial, hal ini harus kita syukuri,” tuturnya.

Wakil Bupati Bantul juga berpesan agar bantuan alat-alat yang diberikan oleh Kementerian sosial ini  digunakan untuk berkerja, sehingga dapat diperoleh manfaat sebaik-baiknya sesuai kegunaanya masing-masing.

Acara kali ini diakhiri dengan penyerahan simbolis kepada tiga orang penerima manfaat yaitu bantuan peralatan jahit, peralatan pijat, dan peralatan kelontong.