Bangun Kesiapsiagaan Secara Dini, MWC NU Pajangan Adakan Apel Siaga Tanggap Bencana

  • 24 November 2021     70

Pagi tadi Bupati Bantul memimpin Apel Siaga Tanggap Bencana Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Pajangan yang dilaksanakan di Komplek Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Cabang PP KH. Hasan Besari, Kedung, Guwosari, Pajangan, Bantul. Minggu (21/11/2021).

Pelaksanaan Apel Siaga Tanggap Bencana dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun kesiapsiagaan secara dini guna menghadapi berbagai macam kemungkinan bencana yang terjadi di Kabupaten Bantul khususnya di Kapanewon Pajangan dan wilayah Kabupaten Bantul pada umumnya.

Dalam amanatnya, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mengatakan jika wilayah Kabupaten Bantul merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi kebencanaan yang tinggi dan hampir dapat dipastikan setiap tahunnya bencana terjadi Kabupaten Bantul. 

Bupati juga menyebutkan jika Pemkab Bantul belum memiliki kemampuan yang memadai dalam melaksanakan mitigasi bencana di seluruh wilayah Kabupaten Bantul. “Oleh karenanya, kelompok masyarakat kita harapkan dapat bersama-sama dengan aparat pemerintah untuk melakukan pemantauan dan mitigasi bencana jika itu terjadi," tutur Bupati.

Nahdlatul Ulama (NU) sebagai Organisasi keagamaan memiliki perangkat penanggulangan masalah sosial dan kemanusiaan yang kompleks sebagai kekuatan dalam mewujudkan kemaslahatan umum di Kabupaten Bantul. 

“Saya turut bersyukur sekaligus bangga bahwa MWC NU Pajangan memiliki struktur kepengurusan dan perangkat organisasi yang sedemikian komplit yang ini justru akan menjadi faktor untuk mendorong keberhasilan NU di masa mendatang," imbuh Bupati.

Diakhir amanatnya, Bupati mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasi pada MWC NU, karena atas perhatian yang besar terhadap masalah kebencanaan di Kabupaten Bantul. Yang mana ini sangat membantu Pemkab Bantul dalam melaksanakan mitigasi bencana khususnya di Kapanewon Pajangan.