Gerakan Madu Manis Membangun Keterpaduan Antar Sumber Daya Kesejahteraan Sosial

  • 15 November 2021     115

Bupati Bantul didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bantul sore tadi menghadiri acara Silaturahmi Donatur Masyarakat Peduli Mengatasi Kemiskinan (Madu Manis) Kapanewon Sewon di Hotel Ros-In. Sabtu (13/11/2021).

Acara yang dihadiri oleh 62 donatur serta 17 penerima donatur tersebut dilaksanakan dengan tujuan sebagai bentuk apresiasi Pemkab Bantul terhadap para donatur Madu Manis dan menjalin silaturahmi antar donatur Madu Manis se-Kapanewon Sewon, serta sebagai upaya dalam meningkatkan semangat untuk terus melaksanakan kegiatan Madu Manis.

Gerakan Masyarakat Peduli Mengatasi Kemiskinan (Madu Manis) merupakan inovasi dari Kapanewon Sewon yang didirikan pada Kamis (16/4/2020) sebagai sebuah gerakan berbasis masyarakat yang mengutamakan kearifan lokal dan kepedulian terhadap permasalahan kemiskinan tanpa harus bergantung pada bantuan pemerintah. Gerakan Madu Manis juga telah menghasilkan 14 kelompok kegiatan pengentasan kemiskinan dengan jumlah penerima bantuan mencapai 687 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih mengatakan jika Gerakan Madu Manis tersebut sangat mendukung salah satu misi Pemerintah Kabupaten Bantul yang kelima yakni penanggulangan kesejahteraan sosial yang secara terpadu. "Karena, dengan melalui gerakan Madu Manis tersebut telah dapat membantu membangun keterpaduan dan kolaborasi antar sumber daya kesejahteraan sosial khususnya di Kapanewon Sewon," tutur Bupati.

Bupati menambahkan, sebagai gerakan yang mendukung dalam pengentasan kemiskinan di masyarakat, Gerakan Madu Manis dapat menjadi salah satu percontohan sistem penanggulangan kemiskinan yang terpadu yang patut dan layak untuk ditiru oleh kapanewon dan juga daerah yang lain. “Saya merasa bangga dan bersyukur karena di Kapanewon Sewon ada gerakan yang bagus, dan ini merupakan inovasi yang sangat tepat dan perlu untuk terus dilestarikan. Karena telah berhasil mengkolaborasikan antar sumber daya kesejahteraan sosial. Saya berharap apa yang kita lakukan ini mampu memberikan kontribusi dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bantul khusunya di Kapanewon Sewon,” tutup Bupati.