Paguyuban Mina Taruna, Budidayakan Ikan Patin untuk Olahan & Wisata

  • 12 November 2021     226

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih menghadiri acara penebaran bibit ikan patin yang diadakan oleh Paguyuban Budidaya Ikan Patin Mina Taruna Dusun Bendo, Wukirsari, Imogiri, Bantul Kamis (11/11).

Ucapan terimakasih dan selamat datang disampaikan oleh Dukuh Bendo selaku perwakilan dari paguyuban budidaya Ikan Patin Mina Taruna. Ia berharap kegiatan penebaran bibit ikan patin ini dapat lebih memotivasi masyarakat Bendo untuk terus mengembangkan desa wisata Bendo ini menjadi desa wisata berbasis perikanan.

“ Harapannya pembibitan patin ini bisa dilaksanakan tidak hanya di dusun Bendo tetapi bisa dibudidayakan di seluruh Bantul. Karena ikan patin ini masih belum familier dan agak susah mencari bibitnya, ” kata Dukuh Bendo.

Bupati dalam sambutannya berharap dengan penebaran bibit ini dapat meningkatkan produktifitas masyarakat Bendo dalam bidang perikanan maupun pariwisata. Mengingat di dusun Bendo ini terdapat banyak kelompok pembudidaya ikan sekaligus kelompok yang mengelola pariwisata. Lebih lanjut beliau berpesan kepada seluruh pengelola maupun warga untuk terus meningkatkan kreatifitas dan mampu membuat hal - hal baru yang mampu menarik perhatian serta minat masyarakat.

“ Seperti yang disampaikan pak dukuh tadi akan mengabung antara pariwisata dan perikan, ini bagus dan baik sekali asal dapat mengemas dan mempromosikan dengan baik, ” kata Bupati.

Sesuai dengan program Pemkab Bantul yang menetapkan sektor perikanan sebagai sektor penting. Sebab perikanan yang termasuk sektor pertanian dan pariwisata ini nyatanya mampu menghidupi banyak orang sehingga diharapkan kesejahteraan dapat tercipta seiring pembangunan sektor ini.  Sehingga kolaborasi berbagai sektor ini bisa menjadi pola atau strategi dalam upaya menciptakan masyarakat yang sejahtera.

Hal-hal yang menyangkut kolaborasi antar sektor seperti ini, ini bisa kita jadikan pola, kita jadikan model bagaimana bisa memangun sektor-sektor ekonomi yang mensejahterakan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut bupati  menyempatkan untuk meninjau aliran Sungai Opak yang berada di sebelah Dusun Bendo dan melaunching produk Bakso Ikan Patin sebagai ciri khas Dusun Bendo.