Lomba perahu naga (Jogja Dragon Boat Festival) di Bendung Tegal Imogiri Meriah

  • 27 Mei 2009     294
Dalam rangkaian perayaan Peh Cun 2009, panitia mengadakan lomba perahu naga (Jogja Dragon Boat Festival) di Bendung Tegal Imogiri. Lomba perahu naga ini diikuti oleh sebanyak 20 peserta dari seluruh DIY dan Jateng. Meskipun baru pertama kali diadakan namun perlombaan ini begitu meriah terbukti dengan antusiasme pengunjung yang membanjiri pinggiran kali Opak.

Murgan Onggowijaya, salah seorang panitia mengatakan bahwa perlombaan perahu naga merupakan atraksi utama dalam perayaan Peh Cun. Namun memang baru kali pertama ini diadakan di Jogja khususnya di Bendung Tegal, diharapkan ini akan berlanjut di masa mendatang setiap perayaan Peh Cun, ujarnya. Sedangkan maksud diadakannya perlombaan ini selain untuk perayaan Peh Cun namun juga untuk meramaikan dan alternatif kepariwisataan di Bantul.

Ditambahkannya bahwa dalam perlombaan ini ada 4 lintasan dengan 5 perahu yang disediakan. Nantinya akan diambil 4 peserta yang terbaik, dan akan mendapatkan trophy serta uang pembinaan dari panitia. Juara pertama mendapatkan Rp.4 juta, juara II Rp.3 juta, Juara III Rp.2 juta serta Juara IV mendapatkan Rp.1 juta, kata Murgan. (nurcholis)