Menko Marves : Masyarakat harus Di Jaga dengan Aplikasi Peduli Lindungi

  • 25 Oktober 2021     83

Minggu sore (24/10/2021) Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menggelar Video Conference Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa Bali, yang diikuti oleh Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Kominfo, Kepala BNPB, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur se-Jawa Bali, Pangdam se-Jawa Bali, Kapolda se-Jawa Bali, Walikota/Bupati se-Jawa Bali, Danrem dan Dandim se-Jawa Bali, Kapolres se-Jawa Bali dan sejumlah tokoh/praktisi.
Agenda rapat ini membahas evaluasi penggunaan dan penegakan aplikasi Peduli Lindungi dan evaluasi pembukaan pariwisata Bali serta kesiapan Natal dan Tahun Baru 2020. Rapat dipimpin langsung oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.
Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih bersama Asisten dan sejumlah OPD mengikuti video conference dari Rumah Dinas Bupati di Trirenggo Bantul.
Pada rapat koordinasi tersebut, menghasilkan kesimpulan, bahwa situasi Covid-19 masih menunjukkan tanda-tanda yang terkendali , namun seiring dengan penurunan level di banyak kabupaten / kota, peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat harus tetap dijaga salahsatunya dengan memperluas dan mendisiplinkan penggunaan Peduli Lindungi.
Perlu adanya pengawasan dan enforcement yang lebih kuat terhadap Peduli Lindungi diberbagai sektor terutama seiring disiplin masyarakat yang semakin berkurang terhadap pandemic Covid-19.
Terakhir, Menko Marves mengatakan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus dan kematian, penguatan 3T harus dilaksanakan, dan perluasan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi serta percepatan vaksinasi lansia harus terus dilakukan. 
“ Terkait peningkatan mobilitas akan semakin meningkat hingga puncaknya nanti di masa libur Natal dan Tahun Baru 2022, saya minta Panglima TNI, Kapolri, Menhub, dan Para Gubernur untuk menpersiapkan skenario pengaturan mobilitas dari sekarang, “ kata Luhut.