Keroncong Plesiran V, Konser Hybrid Pertama di Bantul Sukses Dilaksanakan saat Pandemi

  • 25 Oktober 2021     117

Bantul- Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menghadiri konser musik Keroncong Plesiran yang kembali digelar untuk yang kelima kalinya. Tak sendirian, beliau hadir bersama keluarga, serta juga mendampingi GKR Bendara berkeliling mengunjungi stand UMKM dalam acara yang digelar di Panggung Terbuka Telaga Mardigdo Hutan Pinus. Sabtu (23/10)
Kegiatan yang diprakarsai oleh Simphony Kerontjong Moeda tersebut digelar setiap tahun dan dengan berkolaborasi dengan berbagai Artis ternama Nasional. Keroncong Plesiran tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Tak hanya digelar secara hybrid dengan kuota 200 tiket untuk menonton dilokasi serta juga terdapat tiket untuk mendapatkan link streaming, event kali ini melibatkan UMKM dan menghadirkan Sapta Ksvara Kusbini putra dari Kusbini pencipta lagu Bagimu Negeri.
Kolaborasi juga dilakukan bersama Surya Mataram, Hesti Ksvara, Boris Sirait, Dapur Musik, Anting LIDA 2021, Pandika Kamadjaya, Paksi Band, Okky Kumala, Heruwa, Ananda Badudu, Monata Tahalea, Kukuh Prasetya Kudamai, serta Ndarboy Genk.
Agenda tahunan Keroncong Plesiran kembali bergulir setelah sempat absen karena pandemi virus Corona. Namun konsep  full protokol kesehatan tetap dilaksanakan, dari mulai melakukan reservasi pembayaran secara cashless yang ter-skrining dengan aplikasi Peduli Lindung serta pengecekan suhu badan.
Konsep lokasi yang dipilih dalam pertunjukan keroncong tak lepas dari konsep 3A dalam pariwisata Amenitas, Asesibilitas, dan Atraksi). Harapannya, selain menjadi bentuk apresiasi dan pelestarian musik keroncong juga dapat menjadi media promosi tempat wisata di Yogyakarta serta berdampak pada sektor ekonomi di wilayah tersebut.
Kali ini, Keroncong Plesiran V memilih tema Viable (Mampu Bertahan Hidup). Itu sebagai bukti mereka mampu menjaga konsistensi dan eksistensinya dalam melintasi masa-masa sulit pandemi dalam dua tahun terakhir dengan melakukan adaptasi konsep pertunjukan.
Kerinduan penonton akan musik keroncong dibuktikan dengan kesetiaan penonton tetap setia menyaksikan Keroncong Plesiran V sampai selesai walaupun lokasi konser sempat terguyur hujan beberapa kali.