Bupati Bantul : E-Pemilos Media Pembelajaran Demokrasi Sejak Dini

  • 21 Oktober 2021     103

Guna mendukung pendidikan demokrasi sejak dini di kalangan pelajar, Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih hari ini melaunching E-Pemilos Tingkat SMA/SMK dan Madrasah ‘Aliyah (MA) se-Kabupaten Bantul secara virtual di Gedung Induk, Komplek Parasamya. Kamis pagi (21/10/2021).
Dalam sambutannya, Didik Joko Nugroho selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul mengatakan jika Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) adalah bagian dari metode Pendidikan memilih yang dilaksananakan oleh KPU Kabupaten Bantul secara konsisten dan telah dimulai sejak tahun 2011 untuk jenjang pendidikan Menengah dan untuk jenjang pendidikan Pertama dimulai sejak tahun 2017. 
Kegiatan Pemilos ini, merupakan bagian dari peningkatan dan penguatan nilai-nilai demokrasi terutama bagi siswa siswi di tingkat SMA/SMK dan Madrasah ‘Aliyah (MA).
“ Pada tahun ini kita melaksanakan Pemilos ditengah pandemi Covid-19. Untuk itu, pelaksanaan Pemilos dilakukan secara online. E-Pemilos Tingkat SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Bantul akan diikuti sekitar 74 sekolah dengan jumlah siswa yang terlibat 31.000 siswa, " jelas Ketua KPU.
Sementara, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kegiatan E-Pemilos terdapat nilai-nilai demokrasi, seperti menghormati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu, siswa juga dididik untuk menggunakan pertimbangan rasional di dalam melakukan dan menentukan pilihan Calon Ketua OSIS.
Dengan E-Pemilos saya berharap, Pemilos akan menjadi media pendidikan demokrasi sejak dini, siswa akan mengerti apa arti pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat dengan merefleksikan pada kepengurusan OSIS yaitu dari, oleh dan untuk siswa.
“ Selain itu siswa akan mengenal serta memahami nilai-nilai demokrasi dengan merefleksikan pada nilai-nilai yang harus ditegakkan dalam OSIS, dengan begitu saya berharap E-Pemilos secara langsung akan memberikan pendidikan karakter bagi penyelenggara, bagi pemilih maupun para kandidat Ketua OSIS, “ tutur Bupati Bantul.
Dalam Pemilos, terdapat nilai-nilai demokrasi seperti menghormati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu, siswa juga dididik untuk menggunakan pertimbangan rasional dalam menentukan pilihan calon Ketua OSIS. 
“ Sehingga kita harapkan dari E-Pemilos ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang cerdas, berkualitas dan bertanggung jawab yang dapat membawa kemajuan sekolah serta untuk masa depan Bantul yang lebih baik, " harap Bupati Bantul.
Sementara, Isdarmoko selaku Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyambut baik dan mengapresiasi upaya KPU Bantul yang menggandeng Dinas Kominfo menggelar E-Pemilos jenjang SMA/SMK dan MA.
" E-Pemilos ini betul-betul memberikan pendidikan politik sejak dini di kalangan pelajar sekaligus mendidik karakter, semoga dengan E-Pemilos ini nantinya akan membentuk karakter anak calon-calon pemimpin yang hebat, " ucap Isdarmoko.