HARI KEBANGKITAN NASIONAL, Menteri Kominfo : "Perjuangan mewujudkan realitas kehidupan berbangsa dan bernegara tidak pernah berakhir"

  • 20 Mei 2009     182
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Kabupaten Bantul dipusatkan di lapangan Paseban Bantul diikuti karyawan/i serta perwakilan sekolah dari tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas se Kabupaten Bantul, Rabu (20/5).

Menteri dan Informatika Muhammad Nuh dalam sambutan yang dibacakan Kapolres Bantul AKBP Stephen M. Napiun, SIK.MM. mengatakan Hari Kebangkitan Nasional sebagai tongggak perjalanan bangsa telah berusia satu abad lebih, harus tetap dikumandangkan dan memberi makna lebih tidak hanya seremonial.

Sebuah bangsa tidak pernah lahir dan jadi begitu saja, akan tetapi selalu berproses yaitu selalu lahir kembali dalam proses sosial, politik dan dalam dukungan ekonomi yang memadai.

Lebih lanjut dikatakan Harkitnas yang awal dikumandangkan tanggal 20 Mei 1908 hanya ingin melepaskan dari belenggu penjajah yang dalam perjalanannya di kuatkan dengan Soempah Pemoeda, 28 Oktober 1928.

Ada dua makna yang dapat ditarik dari peringatan tersebut pertama momentum tersebut untuk merenungkan dan merefleksikan diri terhadap perjalan bangsa yang telah dilalui. Kedua bagaimana upaya untuk menatap masa depan yang lebih baik sehingga cita-cita luhur dapat tercapai. (Mwd)