Wisata Air Segoro Anakan, Menambah Pesona Pantai Samas

  • 18 Mei 2009     178
Di pesisir pantai selatan Bantul ternyata masih menyimpan potensi wisata yang cukup bagus untuk dikembangkan. Selama ini wisata manca negara maupun domestik hanya menikmati panorama laut dan desiran angin dan keindahan gelombang yang sebentar-sebentar bisa berubah mendadak. Dengan adanya potensi baru berupa naik speed boot untuk menyusuri dan menikmati segoro anakan diantara pantai Samas dan Depok dengan jarak tempuh mencapai sekitar 5 kilometer, tarifnya sekali naik cukup membayar Rp. 7.500.

Denga adanya wisata air di kawasan pantai selatan Bantul tersebut kini masyarakat tak cuma bisa menikmati indahnya air laut dari bibir pantai. Pengunjung bisa merasakan pesona laut dengan menumpang kapal. Saat ini, di kawasan pantai selatan terdapat tiga kapal boat dan tiga perahu jungkung.

Kepala Pos Angkatan Laut Pantai Samas Sarjito meminta semua pihak ikut mengambangkan potensi tersebut baik pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar. Para nelayan tidak perlu khawatir akan terganggu saat mencari ikan. Selain masih tetap bisa menjaring para nelayan juga akan diajak mengembangkan peternakan ikan dengan membuat keramba di sepanjang pantai.

"Keramba tidak akan mengganggu laju perahu karena hanya mengambil luas pantai sepanjang 100 meter. Kita berharap kawasan ini akan menjadi wahana pantai baru seperti yang sudah dikembangkan Pemerintah Thailand dengan patayyanya," kata Surjita

Mugari warga pantai Samas mendukung keberadaan wahana wisata baru tersebut. Selain sebagai tambahan pendapatan penduduk, keberadaan wahana merupakan bentuk penggalian potensi yang selama ini belum digarap pemkab Bantul. Tapi dia juga khawatir para nelayan akan terganggu saat mereka menjaring ikan. Sebab selama ini laguna ini merupakan kawasan yang kaya ikan. (Mwd)