4 Pedukuhan di Caturharjo Pandak, Selesai Cor Blok Jalan

  • 23 April 2009     86
EMPAT pedukuhan di wilayah Desa Caturharjo Pandak Bantul, baru-baru ini secara serentak melaksanakan kegiatan cor blok jalan dusun, dan kini telah selesai seratus persen. Keempat pedukuhan terebut masing-masing pedjukuhan Gumulan Lor, Gluntung Lor, Tegallayang, dan pedukuhan Samparan. Kegiatan terebut selain mampu menyerap swadaya masyarakat, juga didukung dengan dana PNPM ( Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ) Mandiri Perkotaan tahun 2008. “Prioritas kegiatan, memang prasarana lingkungan dan kegiatan sosial bimbingan belajar. Dan untuk bimbingan belajar, dimulai sejak 8 Maret 2009 lalu dan diakhiri dengan try out di Balai Desa Caturharjo Pandak pada hari Minggu ( 19/4 ) sore lalu”, kata Lurah Desa Caturharjo Pandak Bantul Budi Suryanto BA, didampingi panitia try out Ny Jariah SPd Kamis ( 23/4 ) kemarin di Balai Desa Caturharjo Pandak, Bantul.

Kegiatan pembangunan sarana lingkungan yang berupa cor blok jalan terebut menurut Lurah Desa Caturharjo Pandak Budi Suryanto BA, sebelumnya juga telah disepakati masing-masing warga melalui rembug warga Lokakarya Program Jangka Menengah Penanggulangan Kemiskinan ( PJM Pronangkis ) 2009. Sedangkan untuk kegiatan sosial lainnya yang berupa bimbingan belajar dan diakhiri dengan try out, diikuti siswa kelas 6 SD dan kelas 9 SMP secara keseluruhan berjumlah 125 siswa dilaksanakan oleh KSM ( Kelompok Swadaya Masyarakat ‘Catur Maju’ Desa Caturharjo Pandak yang dipimpin Ny Jariah SPd.)

Koordinator BKM ‘Harjo Makmur’ Desa Catyurharjo Pandak, Supriyo SPd dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa bimbingan belajar merupakan program sosial yang menjadi prioritas program jangka menengah penanggulangan kemiskinan ( PJM Pronangkis ). Kegiatan terebut diperuntukkan bagi siswa dari keluarga miskin yang kurang mempunyai kemampuan untuk mengikuti bimbingan belajar di lembaga bimbingan belajar. Sedangkan menyangkut kegiatan sosial lainnya yang akan dilaksanakan melalui PNPM mandiri perkotaan di Caturharjo Pandak, menurut Lurah Desa Budi Suryanto BA, adalah peningkatan kapasitas Posyandu dan Peningkatan Gizi Balita serta pelatihan budidayua kelinci yang akan dialksanakan dalam waktu dekat ini. (sus)