Dubes Perancis Kunjungi Bantul

  • 16 April 2009     184
Bupati Bantul Drs. HM Idham Samawi, di ruang kerjanya, Kamis ( 16/4) menerima kunjungan Duta Besar Prancis, Philippe Zeller, Dalam kunjungannya Dubes Prancis didampingi oleh Direktur LIP Marie le Sound. Bupati Bantul didampingi oleh Sekda Drs. Gendut Sudarto, Kd Bsc, MMA, Assek I,II, III, serta beberapa Kepala Dinas/instansi terkait.

Dalam kunjungannya ke Bantul , Dubes memberikan penghargaan pada Bantul atas usaha untuk membangun kembali setelah gempa bumi dalam waktu dua tahun, bahkan bisa lebih baik dari sebelumnya. Selain Dubes Prancis mengajak kerjasama dalam bidang ekonomi baik dalam bidang investasi di Bantul ataupun peningkatan ekspor khususnya dalam bidang kerajinan furniture ke Prancis.

Kami juga menawarkan peningkatan kerjasama perdagangan lewat ajang pameran di tahun 2010 di Prancis, kami mengundang khusus Kabupaten Bantul untuk tampil disana, kata Philippe Zeller. Dalam bidang pendidikan, Dubes Prancis juga akan mengupayakan kerjasama bantuan beasiswa bagi putra Bantul untuk belajar di Prancis.

Dubes juga menyoroti soal Pemilu di Indonesia khususnya di Bantul yang diikuti oleh warga masyarakat secara aktif serta berjalan dengan aman dan tentram. Di negara kami angka partisipasi pemilu hanya berkisar 60 % saja sehingga kami turut bangga dengan tingkat partispasi warga yang cukup besar dalam ajang demokrasi ini, ujarnya.

Sementara itu Bupati Bantul sangat menghargai dan berterima kasih atas kunjungan Dubes serta bantuan dari Pemerintah, rakyat, serta LSM yang ada di Prancis terhadap penanggulangan korban gempa 2006 berupa makanan, obat-obatan serta dana untuk pembangunan sarana dan prasarana di Bantul. (nurcholis)