Dievaluasi Tim Dari Prop. DIY : Semangat Gotong Royong Dusun Karangbendo, Menjadi Contoh

  • 14 Desember 2007     513
Dusun Karangbendo desa Banguntapan yang terletak diperbatasan antara Kabupaten Bantul, Kota dan Kab. Sleman tersebut semangat kegotongroyongan dalam segala bidang yang terkait dengan upaya memajukan warganya patut menjadi contoh bagi masyarakat dusun dan desa yang lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Propinsi DIY dr. Siswatiningsih sewaktu menyampaikan pesan dan kesannnya selesai melakukan evaluasi di Dusun Karangbendo Banguntapan, Kamis (13/12). "Kekompakan dan kegotongroyongan warga masyarakat Dusun Karangbendo Banguntapan ini dapat menjadi contoh bagi dusun lainnya khususnya di wilayah Kab. Bantul. Walaupun warganya penuh kesibukan karena profesinya yang amat beragam dari PNS, dokter, pengusaha dan bahkan pejabat di pemerintah maupun suasta tersebut, namun mereka tidak melupakan peran sertanya dalam upaya memajukan dusunnya," kata Siswatiningsih.

Dikatakan pula bahwa dari 10 Progran PKK dusun Karangbendo sudah dapat melaksanakan semuanya dengan cukup memuaskan. Kesehatan warganya terutama balita dan lansia cukup diperhatikan lewat Pos yandu balita dan lansia. Terkait dengan hal yang baru seperti Tindak Kekerasan Dalam Rumahtangga (KDRT), sering diadakan penyuluhan yang dilengkapi pula dengan adanya lembaga konsultasi masalah KDRT, namun tidak ada kasus yang terjadi. Karena semangat kekeluargaan dan keagamaan warga dusun Karangbendo cukup tinggi.

Hadir pula dalam acara tersebut Ketua TP. PKK Kab. Bantul Hj. Ida Idham Samawi beserta timnya, Ka. Dinas dan instansi terkait, Muspika Banguntapan, Lurah dan TP. PKK Desa se Banguntapan serta warga masyarakat Dusun Karangbendo. Sementara Hj, Ida dalam sambutannya mengatakan bahwa TP PKK Desa banguntapan khusunya Dusun Karangbendo telah melaksanakan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes secara nyata dan dengan baik." ujarnya

Ditambahkan pula bahwa hal ini sesuai dengan Tema "Dengan Kesatuan gerak PKK-KB-Kes Kita lakukan aksi nyata untuk mewujudkan keluarga kecil sehat bahagia sejahtera". (sit)