Kampanye Damai, 525 Caleg di Bantul Jalan Sehat di Siang Bolong

  • 16 Maret 2009     113
Mengawali kampanye terbuka yang dimulai hari ini (Senin, 16/3/2009) sebanyak 525 calon legislatif dari 34 partai olitik peserta kampanye di Kabupaten Bantul menggelar kampanye damai dengan jalan kaki saat siang hari sepanjang 1 kilometer yang dimulai dari perempatan Klodran Bantul hingga Pendopo Parasamya Pemkab Bantul.

Acara jalan sehat damai dimulai tepat pukul 14.00 WIB. Ratusan caleg mulai berjalan kaki dengan diawali pengibaran bendera star yang dikibarkan oleh Waka Polres Bantul Kompol Widyatmoko, SIK. Jalan sehat yang diperkirakan ada pertunjukan sesuatu yang unik oleh calon legislatif ternyata sangat minim pertunjukan yang unik.

Dari pantauan di lapangan hanya ada satu caleg perempuan dari PNBK yang menggunakan atribut pewayangan dengan tokoh yang diambil Janaka, sedangkan PDIP yang merupakan pemenang pemilu 2004 di Kabupaten Bantul menampilkan pengawal caleg dengan pakaian jawa khas Yogyakarta yang berjalan didepan puluhan caleg.

Usai tiba di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul pimpinan partai yang hampir 100% menjadi caleg baik untuk DPRD DIY ataupun DPRD Bantul melakukan penandatanganan deklarasi kampanye damai yang disaksikan oleh Muspida Bantul dan caleg peserta jalan sehat damai.

Ketua KPUD Bantul Budhi Wiryawan menyatakan kampanye terbuka yang akan berlangsung selama 21 terhitung mulai tanggal 16 Maret hingga 5 April dengan diawali jalan sehat damai dan penandatanganan deklarasi kampanye damai diharapkan para parpol dan caleg dapat mengkampanyekan diri secara bermartabat, berbudaya dalam suasana kekeluargaan.

"Kita harapkan ini sebagai kultur baru di Bantul dalam kampanye terbuka yang akan terus berlangsung saat masa kampanye dimasa yang akan datang" terangnya. Lebih lanjut Budi menyatakan Kampanye damai yang ditandai dengan jalan kaki ini juga mengingatkan kepada masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan yaitu pemanasan

global yang saat terjadi didunia.

"Dengan kampanye damai tanpa kendaraan bermotor roda dua atau roda empat akan

mengurangi dampak buruk lingkungan. Selain itu dengan berjalan kaki para caleg akan

mengenal satu dengan yang lain sehingga ketegangan antar parpol maupun caleg dapat

ditekan seminimal mungkin" tandasnya.

Waka Polres Bantul menyatakan pihak aparat kepolisian akan menindak dengan tegas setiap pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh masa parpol. Karena tindakan tegas adalah bentuk cinta kasih.

"Mari kita jaga Bantul dalam supaya tetap kondusif tertib dan aman sehingga pemilu akan berjalan dengan lancar" tegasnya (nurcholis)