HUT PGRI dan Hari Guru Bantul di Depok

  • 25 November 2008     220
MENTERI Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menandaskan bahwa sudah menjadi kesadaran pemerintah dan kita semua, bahwa tidak ada guru berarti tidak ada pendidikan. Hanya dengan sentuhan guru profesional yang bermartabat, terlindungi, dan sejahtera, anak-anak bangsa akan menerima pembelajaran yang mendidik dan bermutu. Oleh karena itu, peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2008 ini memiliki makna penting karena pemerintah tengah secara sungguh-sungguh berupaya menghadirkan guru profesional dengan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan dan perlindungan bagi guru sebagai implikasi Undang-undang nomer 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Mendiknas RI mengatakan hal tersebut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Drs HM Idham Samawi pada upacara peringatan Hari Guru Nasional ke-14 dan HUT ke-63 PGRI tahun 2008 tingkat Kabupaten Bantul, Selasa ( 25/11 ) kemarin yang dipusatkan di pantai Depok parangtritis, Kretek. Upacara yang diikuti ratusan guru di Bantul tersebut juga dihadiri Kadinas P dan K Kabupaten Bantul Drs KMT H Sudarman DN MM, dari unsur dinas/instansi terkait dan para camat di Bantul.

Dalam rangka percepatan peningkatan kualitas guru, menurut Mendiknas RI, saat ini sedang didesain kebijakan akademik yang memungkinkan pengakuan terhadap hasil belajar yang diperoleh sebelumnya oleh guru. Guru-guru yang menempuh pendidikan dalam jabatan S-1/D-IV akan berkurang beban kredit kuliahnya. Karena sebagian SKS yang wajib ditempuh diperoleh melalui pengalaman belajar mandiri, prestasi akademik, karya inovatif, pendidikan dan pelatihan, dan sebagainya yang diperoleh sebelumnya, tegas Mendiknas RI.

Sedangkan keitannya peningkatan dan pengembangan kompetensi guru, menurut Bambang Sudibyo, saat ini juga sedang didesain pola pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru-guru di seluruh tanah air. Dengan pola ini, diharapkan kompetensi dan kinerja guru terus meningkat sejalan dengan peningkatan jenjang jabatan fungsional dan pengalaman kerjanya.

Sementara itu seusai upacara, dilanjutkan dengan gerak jalan massal di lokasi wisata kuliner pantai Depok Parangtritis, dilepas Bupati Drs HM Idham Samawi didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ny Hj Ida Idham Samawi. (admin)