Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Tumbuh Kembang Anak di Bantul

  • 24 November 2008     208
Sebanyak 104 kader BKB-Posyandu-PAUD dari 13 kecamatan di Bantul mengikuti pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) yang terkait dengan Program Asuhan Dini Tumbuh Kembang Anak, di Bangsal Rumah Dinas Bupati.

Pelatihan terbagi dari dua tahap, Angkatan I diikuti 52 peserta berlangsung tanggal 24 s.d 25 Nopember 2008 dan Angkatan II diikuti pula oleh 52 peserta, berlangsung tanggal 26 s.d 27 Nopember 2008.

Hal tersebut disampaikan oleh Sumarni Bejo Utomo mewakili Ketua TP PKK Kab. Bantul pada saat acara pembukaan Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan APE di Bangsal Rumah Dinas Trirenggo, Senin (24/11).

Dikatakan pula bahwa pelatihan ini merupakan kelanjutan dari Pelatihan Program Adituka Pengembangan di 13 kecamatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di kaliurang Yogyakarta.

"Guna meningkatkan kuailtas dan potensi kader BKB-Posyandu-PAUD di 13 kecamatan di Kab. Bantul dipandang perlu untuk senantiasa mengadakan pembinaan dan penyegaran materi kegiatan. Salah satunya adalah dengan diadakannya pelatihan pada saat ini," terang Sumarni Bejo Utomo.

Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader, membantu memecahkan masalah yang diemui, mampu membuat sendiri dan menggunakan APE sederhana beryang murah namun berkualitas, serta mengurangi ketergantungan penggunaan dana untuk membeli APE. Sebagai fasilitator pada pelatihan ini dipandu dari ECCD-RC Yogyakarta.

Ditambahkan oleh Sumarni, terlaksananya kegiatan ini adalah merupakan kerjasama antara TP. PKK kab. Bantul, Tim Pembina Adituka Kab Bantul dengan Plan Indonesia Yogyakarta. (admin)