Bantul terus Dorong Transmigrasi

  • 01 Desember 2007     250
Pemkab Bantul mendorong warganya terutama warga miskin untuk transmigrasi. Hal ini disamping sebagai upaya pengentasan kemiskinan juga sebagai upaya kepentingan nasional yaitu pemerataan penduduk. Bagi para camat, lurah, dan dukuh yang bisa mendorong warganya agar mau transmigrasi akan mendapatkan reward dari Pemkab. Pemerintah daerah tempat tujuan transmigran juga menjamin kehidupan para transmigran di daerah yang baru.

Saat ini banyak daerah-daerah perbatasan dengan negara lain yang kekurangan penduduk sehingga berdampak pada pergeseran batas wilayah negara. Sehingga jika semakin banyak penyebaran penduduk di wilayah perbatasan akan memperkokoh ketahanan nasional.

'' Namun istilah transmigrasi kita usulkan diganti karena mengandung image tidak baik dan membuat traumatis, '' ujarnya Bupati Bantul, Drs. HM Idham Samawi. Untuk itu pihak dprd diminta juga bisa mengusulkan istilah yang tepat. Jika ada transmigrasi besar-besaran maka akan mengurangi beban pemerintah daerah dalam upaya pengurangan jumlah kk miskin.

Hal demikian disampaikan Bupati Bantul dihadapan anggota DPRD Bantul saat penyampaian nota anggaran RAPBD 2008, Sabtu (1/12).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa saat ini gagasan penyiapan SDM transmigrasi sudah diutarakan dengan jajaran pendidikan. '' Sehingga sangat dimungkinkan pembukaan SMK yang khusus mendidik calon transmigran, '' ujarnya. (nc)