PKK Bantul Adakan TOT Adituka

  • 05 April 2008     182
Masa usia emas atau golden age adalah masa-masa ketika terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat pada seorang anak. Pada masa itu (sampai usia 8 tahun) diperlukan rangsangan untuk mengoptimalkan perkembangan otak. Otak yang kurang mendapatkan rangsangan, tidak akan berkembang optimal karena synap-synap atau hubungan antar sel otak akan hilang.

Demikian dikatakan Ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Bantul, Ny. Sunarto yang menjadi salah-satu pemateri pada TOT Adituka (Asuhan Dini Tumbuh Kembang Anak), yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kab. Bantul bekerjasama dengan Plan Indonesia Yogyakarta. Kegiatan ini dilangsungkan di Hotel Ros In selama 3 hari, dari Selasa (01/04) hingga Kamis (03/04).

Acara dibuka oleh Ketua TP PKK Kab. Bantul Hj. Ida Idham Samawi, diikuti 39 peserta dari 13 kecamatan se-Bantul. Peserta meliputi unsur PKK, Puskesmas dan Cabang Dinas Pendidikan/PLKB. Sementara 4 Kecamatan yakni Pleret, Dlingo, Imogiri dan Piyungan, tidak mengikuti karena sudah menjadi binaan Plan Indonesia.

Materi dalam pelatihan ini yakni Sembilan Pesan Keluarga Kuat, Taman Posyandu, DDTK (Deteksi Dini Tumbuh Kembang anak), dan partisipasi masyarakat.

Lebih lanjut, Ny Sunarto mengatakan, bahwa Adituka adalah program dan kebijakan menyeluruh yang meliputi unsur fisik, sosial dan perkembangan emosional anak, mulai dari masa kandungan hingga usia 8 tahun. (admin)