Radikal Bebas Sebabkan Penuaan Dini

  • 02 April 2008     154
Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun ternyata mempunyai dampak pada semakin cepat terjadinya proses penuaan atau istilahnya penuaan dini. Penyebab penuaan dini adalah radikal bebas yang berasal dari sinar ultra violet, polusi udara, polusi asap pabrik, asap rokok, limbah industri pestisida dan aktifitas fisik.

"Selain menyebabkan kerusakan kulit, radikal bebas tersebut juga berdampak pada rusaknya sel-sel organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, otak, pembuluh darah, mata dll", demikian dikatakan oleh dr. Dwi Rini Marganingsih, dokter kulit yang bertugas di RSD Panembahan Senopati Bantul.

Dwi Rini mengatakan hal tersebut pada Seminar Kesehatan Kulit dan Kecantikan, Selasa (1/4) di bangsal Rumah Dinas Bupati Trirenggo. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul dengan Natur E, diikuti oleh sekitar 230 peserta berasal dari pengurus TP PKK dan Dharma Wanita Kabupaten, GOW, Dharma Wanita dinas/instansi, Ketua PKK dan Dharma Wanita Kecamatan dan Ketua PKK Desa se-Kabpaten Bantul.

Lebih lanjut dikatakan Dwi Rini, untuk menangkal radikal bebas tersebut kita perlu zat anti oksidan. Zat tersebut tidak hanya terdapat dalam vitamin E tetapi juga vit C dan beta karoten. Buah-buah yang berwarna merah seperti wortel, tomal, apel merah sangat banyak mengandung beta karotin.

Dwi Rini juga mengatakan, untuk dapat tampil cantik alami itu susah, karena butuh proses yang panjang. Sedangkan untuk tampil cantik secara instan cukup mudah tetapi tidak akan bertahan lama. Tampil cantik dan alami perlu ditempuh dengan 2 cara, yaitu internal dan eksternal. Eksternal dengan melakukan perwatan kulit, sedangkan yang internal dengan mengkonsumsi vitamin E yang penting untuk kesehatan kulit. Adapun sumber vitamin E alami banyak terdapat dalam minak kedelai, biji gandum, minyak kacang tanah.

Pemutih kulit yang sering ditawarkan sebenarnya bisa membahayakan jika pemakaiannya tidak tepat. Tidak jarang justru kulitnya menjadi rusak dan hitam. Sebenarnya ukuran cantik itu bukan putih, walaupun hitam yang penting bersih dan sehat.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, Hj Ida Idham Samawi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten, Ny. Sumarno, mengharapkan agar seminar ini dapat memotivasi kaum wanita dalam memperbaiki penampilan. Dikatakan, saat ini banyak kaum wanita yang kurang memperhatikan penampilan dirinya ketika di rumah padahal kalau di luar berpenampilan menarik. (Rn)