Jelajah Desa dan Belajar Membatik di Giriloyo

  • 04 Maret 2008     522
Jogja Heritage Society (Paguyuban Pusaka Jogja) bekerja sama dengan Australia Indonesia Partnership (AIP) melalui Yogyakarta-Central Java Community Assistance Program (YCAP) sejak September 2007 telah melaksanakan program “Pengembangan Industri Rumah Tangga Batik untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta”.

Pemilihan kawasan Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul sebagai lokasi jelajah desa karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, suasana pedesaan yang masih alami, sehingga peserta akan merasakan suasana yang lain dari biasanya dalam kehidupannya sehari-hari.

Kegiatan yang cukup besar akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2008 yang merupakan penutup dari program tersebut yaitu, Lomba Membatik untuk Anak-anak & Remaja Dusun Giriloyo dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2008, Bazaar Aneka Produk Kerajinan Batik Tulis Karya Masyarakat Dusun Giriloyo dilaksanakan pada tanggal 8-9 Maret 2008 dan Jelajah Desa Belajar Membatik dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2008 jam 07.30-13.30 wib

Khusus untuk kegiatan Jelajah Desa Belajar Membatik ada dua paket yang dapat diikuti oleh masyarakat umum yaitu: Jelajah Desa : biaya Rp. 40.000,- per orang dengan fasilitas : Bus ber-AC, snack, dan makan siang. Jelajah Desa dan Belajar Membatik : biaya Rp. 60.000,- per orang dengan fasilitas bus ber-AC, snack, dan makan siang serta peralatan membatik (kain, malam, canting dll). Hasil karya menjadi milik peserta.

Masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan Jelajah Desa dan Belajar Membatik diharapkan segera mendaftarkan diri sebab tempat terbatas dan pendaftaran ditutup pada tanggal 06 Maret 2008. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

Jogja Heritage Society

Jl. Surokarsan 24 Yogyakarta

Telp. (0274) 375758

Kontak : Reni/Wido

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul mendukung penyelenggaraan Jelajah Desa Belajar Membatik 2008 ini karena merupakan salah satu ajang promosi potensi yang ada di Kabupaten Bantul. (admin)