Dewan Pendidikan Bantul Dukung Program Rekonsiliasi

  • 04 Maret 2008     160
Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul mendukung sepenuhnya program rekonsiliasi rakyat Bantul pasca gempa bumi demi percepatan program Bantul bangkit di segala beidang pembangunan termasuk percepatan keberhasilan di bidang pendidikan yang berkualitas. Implementasi dari dukungan terhaap rekonsilaisi rakyat Bantul tersebut melalui pencanangan program tri sukses pendidikan meliputi sukses kelembagaan, sukses penyelenggaraan pendidikan dan prestasi serta sukses patisipasi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pendidikan Bantul Drs. Sumanro PRS didampingi Sekretaris Dewan Pendidikan Bantul Drs. Eddy Susanto di ruang kerjanya Komplek Parasamya hari Senin ( 3/3 ), berkaitan dengan pelaksaan program rekonsiliasi rakyat Bantul untuk mengembalikan kembali kondisi masyarakat agar dipenuhi dengan rasa kekeluargaan, kebersamaan, gotong royong, guyup rukun serta dilandasi nilai-nilai kearifan lokal sebagai modal sosial dalam pembangunan.

Lebih lanjut Drs. Sumarno PRS menjelaskan untuk sukses kelembagaan melalui konsolidasi pengurus agar pemberdayaan Dewan Pendidikan dapat optimal, adanya penguatan personil di sekretariat Dewan Pendidikan, pemberdyaan Dewan Sekolah, jabatan Kepala Sekolah yang lowong segera diisi dan dihimbau bagi PNS untuk dapat menjadi orang tua asuh.

Untuk sukses penyelenggaraan pendidikan dan prestasi melalaui kegiatan sosialisasi pelaksanaan UNAS dan UASBN, sukses wajib 12 tahun, sukses UNAS baik SMP/MTs, SMA/MAN/SMK serta USBN SD/MI, sukses diterima Perguruan Tinggi ,bagi lulusan SMK diterima di industri atau bekerja mandiri. Untuk partisipasi masyarakat ditunjang tiga pilar yaitu pemerintah, orang tua danmasyarakat tandas Drs. Sumarno PRS.

Mengingat tercapainya percepatan Bantul bangkit pasca gempa bumi disamping berkat peran Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Bantul sendiri juga tidak lepas dari besarnya perhatian, empati dan bantuan dari berbagai donatur yang telah memberikan bantuan kepada rakyat Bantul pada tahap tanggap darurat maupun tahap rehabiltasi rekosntruksi.

Karena itu menurut Drs. Sumarno PRS, Dewan Pendidikan Kabupaten Bantul menyampaikan saran dan masukan kepada Bupati Bantul, agar para donatur tersebut perlu diberikan penghargaan sebagai ungkapan rasa terima kasih yang tulus dari rakyat Bantul.

Adapun bentuk dan penghargaan tersebut sekiranya berkenan maka untuik bidang pendidikan dinamakan pisungsung bhakti grha widya, bidang kesehatan pisungsung grha husada, bidang agama pisungsung bhakti sasana gama, bidang rehab rejon rumah pisungusung bhakti wisma nugraha, bidang lainya secara umum pisungsung bhakti projotamansari dan penghargan tertinggi pisungsung bhakti pertiwi atau pisungsung bhakti nusantara. (bn)