Didominasi Sansivera , Lomba dan Pameran Tanaman Hias di Lap. Paseban Bantul

  • 04 Maret 2008     154
Lomba dan Pameran Tanaman Hias pada New Bantul Contest Th 2008 yang diadakan di Lapangan Paseban depan Kantor Pemda. Bantul kerjasama antara Asosiasi Pengusaha Tanaman Hias [APTH] dan Dinas Pertanian Kabupaten Bantul akan berlangsung selama sembilan hari dari tanggal 1 s/d 9 Maret 2008.

Bupati Bantul pada sambutan pembukaan, Kamis [3/3] yang dibacakan oleh Kabag. Perekonomian H. Harowi Suyuti, S.Sos. mengatakan bahwa semakin meningkatnya animo masyarakat untuk memiliki bermacam tanaman hias merupakan hal yang positif. Karena hal tersebut dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang sehat dan menyejukkan. "Tanaman hias dapat semakin memperindah lingkungan serta dapat mengurangi polusi gas CO2. Dalam konteks itu pula tanaman hias juga berperan dalam mengatasi GlobalWarming [Pemanasan Global] saat ini."ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Ka. Dinas Pertanian Ir. Edy Suharyanto, MMA dalam laporannya mengatakan bahwa pameran kali ini merupakan yang keenam kalinya, diikuti oleh 57 peserta, dua diantaranya dari luar Bantul. "Pameran ini terbagi dalam lima kelas antara lain kelas Sansivera, kelas Antorium, kelas Adenium, kelas Aglonema dan kelas bebas. Setiap kelas akan diambil tiga sebagai juara yang nantinya mereka berhak menerima thropy dan uang pembinaan yang akan diserahkan pada acara penutupan." ujar Ir. Edy.

Edy Suharyanto menambahkan bahwa Bupati mengharapkan kepada segenap warga masyarakat Bantul dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk menyertakan tanaman padi dalam pot. Hal ini dimaksudkan akan menumbuhkan kecintaan akan tanaman padi yang merupakan makanan pokok, pada warga Bantul. Bupati mengharap pula bahwa pada acara pernikahan, khitanan dan lainnya dapat menjadikan tanaman hias yang berukuran kecil sebagai seuvenirnya. (Sit)