Agenda Wisata Maret 2008; Melasti dan Rabu Pungkasan

  • 01 Maret 2008     418
Awal bulan Maret 2008, Kabupaten Bantul bakal disemarakan dengan 2 upacara tradisional yakni upacara Melasti dan malam Rabu Pungkasan.

Upacara Melasti merupakan tradisi dari masyarakat Hindu DIY dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Nyepi. Tujuan upacara ini adalah untuk penyucian diri secara lahir dan batin yang dilakukan dengan pengambilan tirta dari tujuh mata air. Dilaksanakan pada hari Senin, (03/03) pukul 13.00 wib sampai dengan selesai bertempat di Pesisir Pantai Parangkusumo, Parangtritis.

Tradisi malam Rabu Pungkasan Merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh Masyarakat Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul untuk memohon kesejahteraan dan keberhasilan dalam berusaha. Tradisi dari kegiatan ini adalah "ngarak lemper raksasa" oleh para kelompok kesenian dari seluruh wilayah pleret, dimulai dari Masjid Agung Wonokromo menuju Balai Desa Wonokromo. Pada akhir acara, lemper raksasa tersebut dibagikan kepada seluruh masyarakat. Dilaksanakan pada hari Selasa (04/03) pukul 19.00 wib sampai dengan selesai bertempat di Masjid Al Huda Wonokromo - Balai Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret. (admin)