•  24 Agustus 2024
  •    
  •  206
Wujud Syukur pada Tuhan, Warga Pringgading Guwosari Gelar Merti Dusun

Kegiatan Merti Dusun yang diselenggarakan oleh masyarakat Padukuhan Pringgading, Guwosari, berlangsung meriah pada Sabtu (24/8/2024). Acara tahunan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul dan berbagai elemen masyarakat, hal ini menunjukkan komitmen dan kebersamaan dalam menjaga tradisi lokal.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, dalam kesempatan ini menyampaikan, apresiasinya tas gotong royong masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

"Saat ini kami sedang menghadiri Merti Dusun Padukuhan Pringgading Guwosari yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh masyarakat Pringgading. Ini adalah salah satu tradisi yang dimiliki oleh warga Kabupaten Bantul. Merti Dusun adalah bentuk syukur kepada Tuhan, dalam rangka mensyukuri nikmatnya dengan bergotong royong membersihkan dusun yang ada di wilayah Pringgading,” jelasnya.

Kegiatan Merti Dusun di Pringgading ini tidak hanya melaksanakan bersih-bersih lingkungan, tetapi juga diisi dengan doa bersama. Selain itu pada kesempatan ini juga terdapat penampilan potensi budaya, pedagang tradisional dari Kalurahan Guwosari, serta berbagai permainan anak yang menambah keceriaan suasana.

Wakil Bupati menambahkan, "Kami dari pemerintah mengapresiasi gotong royong masyarakat untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga Allah senantiasa melimpahkan barokahNya pada Padukuhan Pringgading Guwosari."

Panewu Pajangan, Anjar Arintaka Putra, juga memberikan pandangannya mengenai kegiatan Merti Dusun ini. Menurutnya kegiatan ini menunjukan rasa persatuan masyarakat Pringgading.
"Kegiatan Merti Dusun ini mewujudkan rasa syukur dan rasa kesatuan serta persatuan. Dilaksanakan dalam momentum peringatan kemerdekaan, kegiatan ini juga memunculkan rasa nasionalisme di masyarakat Pringgading. Semoga bisa menjadikan warga masyarakat semakin maju dan barokah," ucapnya.

Kegiatan Merti Dusun di Pringgading Guwosari ini menjadi contoh nyata bagaimana tradisi lokal dapat memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan rasa syukur serta kebersamaan di tengah masyarakat. (Syf)