•  21 Agustus 2024
  •    
  •  126
Pramuka Harus Sigap dan Tangkas Hadapi Berbagai Tantangan

Diperingati setiap tanggal 14 Agustus, Apel Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024 Kabupaten Bantul digelar di Lapangan Trirenggo, Bantul, pada Rabu (21/08/2024) dengan diikuti oleh sejumlah siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB di Kabupaten Bantul. Mengambil tema Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI, apel dilaksanakan dengan tertib dan khidmat. 

Pada acara tersebut, juga diserahkan penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa kepada beberapa anggota Gerakan Pramuka. Penghargaan tersebut diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka yang memiliki kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan, keaktifan, dan ketertiban dalam menunaikan tugas kewajibannya selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus. 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengucapkan selamat dan mengajak untuk lebih peka dan peduli terhadap kondisi bangsa. Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam berbagai bidang pengabdian, termasuk dalam menghadapi berbagai tantangan kemanusiaan yang semakin kompleks. 

“Kita harus tangkas, sigap, dan selalu siap untuk mengabdikan diri demi kebaikan masyarakat. Gerakan pramuka telah menjadi tempat bagi para pemuda untuk belajar nilai-nilai kehidupan, kepemimpinan, dan kemandirian. Dalam era yang penuh tantangan ini, peran gerakan pramuka menjadi sangat penting karena memiliki potensi besar untuk mendidik generasi muda yang memiliki rasa tanggung jawab terhadap masyarakat, bangsa, dan negara,” tegas Halim. 

Apel Hari Pramuka diakhiri dengan penampilan angklung yang menarik dari SD N 1 Bantul, serta kelompok marching band dari SLB Bina Siwi, Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan, dan SMA N 1 Dlingo. (Pg)