•  22 Agustus 2024
  •    
  •  200
Duta KWT Kabupaten Bantul, Perkuat Peran Wanita Dalam Pembangunan Pertanian

Pertemuan Rutin Kelompok Wanita Tani (KWT) Projo Wanita Mukti kembali digelar di Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Rabu (21/08/2024). Acara yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak TP PKK Kabupaten Bantul, Emi Masruroh Halim, S.Pd., yang juga bertindak sebagai Pembina KWT Kabupaten Bantul ini sekaligus sebagai ajang Pemilihan Duta KWT Kabupaten Bantul. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Joko Waluyo, S.Pt., M.Si., dalam sambutannya menyatakan, pemilihan duta ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Bantul untuk memperkuat peran wanita tani dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan serta pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Harapan kami, dengan adanya pemilihan Duta KWT ini akan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk bergerak di sektor pertanian,” tutur Joko Waluyo.

Panewu Bambanglipuro, Tri Manora, S.Sos., menyampaikan banyak manfaat yang didapatkan dengan diadakannya pertemuan rutin KWT Se-Kabupaten Bantul, seperti misalnya muncul pemikiran-pemikiran agar KWT di suatu wilayah dapat semakin maju dan berkembang. Ia menyoroti tentang generasi muda yang kurang meminati bidang pertanian.

“Di sinilah peran KWT, bagaimana KWT memberikan edukasi kepada generasi muda bahwa kegiatan di bidang pertanian itu menyenangkan dan mulia,” ujar Tri Manora. 

Ia juga berharap, melalui tangan-tangan dingin KWT nantinya lahan-lahan pekarangan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga dapat menciptakan kemandirian pangan, minimal di daerah masing-masing. 

Para peserta yang berasal dari berbagai KWT di Kalurahan Sidomulyo menampilkan kemampuan terbaik mereka dalam berbagai bidang, mulai dari pengetahuan tentang pertanian, keterampilan praktis, hingga kemampuan komunikasi.

Acara pemilihan duta KWT ini diakhiri dengan pengumuman pemenang. Pemenang duta KWT ini diharapkan dapat menjadi panutan dan motor penggerak bagi KWT lainnya. (Ans)