•  20 Agustus 2024
  •    
  •  274
Desa Wisata Krebet Raih Penghargaan Tertinggi di Lomba Desa Tingkat DIY 2024

Desa Wisata Krebet meraih penghargaan sebagai Juara 1 dalam Lomba Desa Wisata Tingkat DIY Tahun 2024. Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Ballroom Kasultanan, Hotel Royal Ambarukmo, Selasa (20/8/2024).
Dalam sambutannya, KGPAA Paku Alam X, Wakil Gubernur DIY, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata DIY atas pelaksanaan kegiatan ini. 
“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kita dalam mendukung kemajuan desa wisata sebagai pilar penting dalam pembangunan pariwisata DIY berbasis pemberdayaan masyarakat. Peningkatan jumlah desa wisata menunjukkan kesadaran masyarakat akan potensi besar desa mereka. Meskipun tantangan ke depan tidak mudah, inovasi dan kreativitas adalah kunci untuk terus berkembang dan bersaing di tingkat nasional dan internasional,” katanya.

Sementara itu, Agus Priono, Plt. Kepala Dinas Pariwisata DIY, menceritakan tentang perkembangan desa wisata di DIY. 

“Perkembangan desa wisata di DIY adalah hasil kolaborasi antara pemda, akademisi, praktisi, asosiasi, komunitas, dan media. Lomba desa wisata ini merupakan bagian dari upaya pembinaan, pendampingan, dan evaluasi terhadap pokdarwis di DIY,” ungkap Agus.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengungkapkan kebanggaan atas pencapaian Desa Wisata Krebet. “Hari ini, Desa Wisata Krebet memperoleh penghargaan tertinggi sebagai juara lomba desa wisata tingkat DIY. Ini adalah hasil dari kerja keras dan kreativitas yang telah dilakukan oleh semua pihak. Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan agar bisa berkompetisi di tingkat nasional. Kami berharap Krebet bisa menjadi juara di tingkat nasional juga,” ujar Bupati Bantul. 

Selain Juara 1, Krebet juga meraih penghargaan Apresiasi Desa/Kampung Wisata Terbaik Kategori Digital. Desa Wisata Krebet, dengan keunggulan batik kayunya, telah menunjukkan inovasi dan keberhasilan dalam mengembangkan pariwisata berbasis budaya. Prestasi ini menjadi kebanggaan tidak hanya bagi Kabupaten Bantul tetapi juga bagi seluruh DIY. Semoga pencapaian ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Krebet dan memotivasi desa-desa wisata lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada perkembangan pariwisata lokal. (Syf)