•  30 Juli 2024
  •    
  •  1168
Ada 26 Fisioterapis Terjun di Bantul Fun Run, Laris Manis Diserbu Pelari

Euforia gelaran Bantul Fun Run 2024 rupanya masih cukup tinggi. Kendati event lari ini sudah rampung, tagar terkait kegiatan ini masih bertebar di jagad maya. Di balik kemeriahan event lari yang mampu menyedot animo masyarakat Bantul, ada tenaga fisioterapi dari Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Cabang Bantul yang kehadirannya dilirik banyak pelari.

Sebelum flag off dilakukan oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, 2.000 peserta Bantul Fun Run 2024 diajak melakukan pemanasan dan peregangan di Lapangan Paseban. Kegiatan ini dipimpin oleh dua fisioterapis dari IFI Bantul, yaitu Fisio Enggar dan Fisio Anggi. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan para fisioterapi untuk menyiapkan tubuh para pelari untuk aktivitas aerobik dengan cara menghangatkan jantung dan pembuluh darah perlahan yang dikenal dengan sistem kardiovaskular. Kegiatan ini juga salah satu penyiapan tubuh untuk mencegah cedera.

Tidak hanya memimpin pemanasan, IFI Bantul juga membangun dua posko selama Bantul Fun Run berlangsung. Posko pertama ada di Pendopo Manggala Parasamya. Sedangkan untuk posko kedua, berada di water station yang ada di depan Kopi Tampa.

Kesadaran pelari untuk mengunjungi posko fisioterapi ternyata cukup banyak. Tercatat, 103 pelari mampir usai sampai garis finish. Rata-rata, pelari yang memanfaatkan posko fisioterapi karena merasakan keluhan rasa tidak nyaman, kram, nyeri punggung, maupun keluhan seputar tungkai selepas menyelesaikan lari sejauh lima kilometer. Sejumlah pelari pun mengakui menjadi lebih enteng dan nyaman setelah ditolong para fisioterapi.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bantul, Triyanto, memberikan apresiasi atas inisiasi yang dilakukan oleh IFI Bantul lewat kegiatan pemanasan dan posko pertolongan cedera. Ia berharap, para fisioterapis dapat meningkatkan kontribusinya bagi masyarakat umum.

Menyambung hal tersebut, Ketua IFI Bantul, Alawan Bashori, menyatakan siap bersinergi dan berkolaborasi dalam event-event yang lain.

“Di Bantul Fun Run ini, ada 26 fisioterapis yang kami terjunkan. Dan ini memang kami siapkan khusus untuk jenis kegiatan sport. Untuk event-event lain, kami berkomitmen untuk siap mendukung dan aktif berpartisipasi,” ujarnya. (Enw)