•  22 Juli 2024
  •    
  •  555
Upacara dan Kirab HUT Ke-193 Kabupaten Bantul, Kolosal Nyawiji Saiyek Saeka Kapti jadi Pembuka

Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang jalan depan Lapangan Trirenggo hingga Lapangan Paseban Bantul dalam rangka memeriahkan rangkaian acara Hari Jadi Ke-193 Kabupaten Bantul, pada Sabtu (20/7/2024). 

Dimulai dengan upacara yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Kabupaten Bantul, diakhiri dengan kirab bregodo yang diikuti 25 kelompok bregodo perangkat daerah, kapanewon, BUMN, dan BUMD. 

Mengambil tema Bersatu Membangun Bantul Maju, Sejahtera, dan Berbudaya, upacara juga dimeriahkan dengan pentas tari kolosal Nyawiji, Saiyek Saeka Kapti yang menampilkan 193 penari. Dilanjutkan dengan unjuk palaporan oleh bupati, wakil bupati, jajaran forkopimda, serta pimpinan perangkat daerah, BUMN, dan BUMD di Kabupaten Bantul. 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, memaparkan laporan pembangunan di Kabupaten Bantul yang dirangkai dalam Nawala Bupati, meliputi upaya mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran, menurunkan angka stunting, serta penanggulangan sampah untuk menyukseskan Bantul Bersih Sampah Tahun 2025 (Bantul Bersama).

“Nawala Bupati selanjutnya adalah meningkatkan ketangguhan daerah dan masyarakat dalam menghadapi bencana alam, menjaga ketentraman dan ketertiban dalam rangka menyambut Pilkada 2024, meningkatkan dukungan berbagai pihak untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak Paripurna, menumbuhkan penerapan nilai-nilai keistimewaan DIY untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial budaya, ketenteraman, ketertiban, serta lingkungan hidup,” ujar Halim. 

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X sebagai inspektur upacara menuturkan bahwa perayaan ulang tahun Kabupaten Bantul yang ke-193 pada hari ini, menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk melakukan refleksi, apakah semua cita-cita itu sudah tercapai. 

“Dengan segenap rasa syukur dan sukacita, saya turut merayakan Hari Ulang Tahun ke-193 Kabupaten Bantul pada hari ini. Semoga kesejahteraan dan keselamatan, senantiasa melingkupi seluruh masyarakat Kabupaten Bantul,” harap KGPAA Paku Alam X pada akhir sambutannya. (Pg)